IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PERENCANAAN AKADEMIK DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
Agus Fahmi
Abstract
Abstract: The Principal's Leadership function must be placed proportionally according to his capacity. Self improvement from a leader has a broad meaning in the implementation of academic planning which is required to be able to carry out his responsibilities properly and correctly. So that it can improve teacher performance in the teaching and learning process, where the effectiveness of leadership if applied by a leader will be able to create an effective and efficient teaching and learning process. The formulation of the problem in this research is "Is There a Relationship between the Implementation of Academic Planning Skills in Principal Leadership. This type of research is descriptive quantitative with questionnaire data collection method on variable X and documentation on variable Y as the main method, interview method as a complementary method. The population in this study were the teachers at SMPN 3 Gangga with 16 teachers. The results of this study indicate that the principal's academic planning has a relationship with teacher performance. The conclusion that can be obtained in this study is "there is a relationship between the implementation of the principal's academic planning in the principal's leadership. Keywords: Implementation, Planning, Academic, Leadership
Abstrak: Fungsi Leadership Kepala Sekolah harus diletakkan secara proporsional sesuai dengan kapasitasnya. Self improvement dari seorang pemimpin memiliki makna yang luas Dalam Implementasi Perencanaan Akademik yang disyaratkan untuk dapat mengemban tanggung jawabnya dengan baik dan benar. Sehingga dapat meningkatkan kinerja guru di dalam proses belajar mengajar, dimana keefektifan kepemimpinan kalau diterapkan oleh seorang pemimpin akan mampu menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Hubungan Implementasi Keterampilan Perencanaan Akademik dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data angket pada variabel X dan dokumentasi pada variabel Y sebagai metode pokok, metode wawancara sebagai metode pelengkap. yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS di SMPN 3 Gangga dengan jumlah guru 16 orang, dari hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan akademik kepala sekolah ada hubungan dengan kinerja guru. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah “Adanya Hubungan antara Implementasi Perencanaan Akademik Kepala Sekolah dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kata Kunci : Implementasi, Perencanaan, Akademik, Kepemimpinan
Amirhasibuan.2012 :11. http/Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (Online) Diakses Tanggal 15 November 2015 Pukul 9:47pm Ali Imron, 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. B.Uno Hamzah, 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara. Fathurrohman pupuh dan AA Suryana.2011.Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran, (Bandung:PT.Refika Aditama). Ivor K. Devies, Pengelolaan Belajar, (Jakarta:PT.Rajawali Press,1987),h.35-36. Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya. Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. R.Ibrahim, & Nana Syaodih S, (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta. R.Ibrahim, Nana Syaodih S, (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta, cet- 3. Suharsimi, A. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta. Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek.Jakarta: PT Bina Aksara. Sugiyono, 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono, 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.