PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI PAUD
Abstract
Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu Pendidikan Anak Usia Dini adalah dengan cara terpenuhinya sarana dan prasarana yang ada di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang memadai, berkualitas, sesuai dengan perkembangan Anak Usia Dini, dan sarana dan prasarana yang siap pakai. Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini diperlukan suatu manajemen sarana dan prasarana yang baik. Sarana dan prasarana pendidikan juga menjadi salah satu tolak ukur dari mutu sekolah. Tetapi fakta di lapangan banyak ditemukan sarana dan prasarana yang tidak dioptimalkan dan dikelola dengan baik. Ada beberapa kagiatan yang dilakukan dalam pengelolaan sarana dan prasarana yaitu: Perencanaan sarana dan prasarana, Pengadaan sarana dan prasarana, Inventarisasi sarana dan prasarana, Pemanfaatan sarana dan prasarana, Pemeliharaan sarana dan Prasarana dan Penghapusan sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Pengelolaan, sarana prasarana, PAUD
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Moch. Idoch. 2004. Administrasi Pendidikan dan Menajemen Biaya
Pendidikan. Bandung: CV Alpabeta. Arikunto, Suharsimi. 1993. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.Yogyakarta: Grafindo Persada.
Burhanuddin. 1994. Analisis Administrasi Menejemen dan Kepemimpinan pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Buhanuddin, Yusak. 1990. Administrasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka setia.
Bafadal, Ibrahi. 2003. Menejemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Cardoso, Fausitisno. 2001. Menejemen Sumber Daya Manusia dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto, M. 2005. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesa. Jakarta: Balai Pustaka. Douglas, Hart R. 1963. Modern Administration of Secondary. Boston: Ginn & Company.
Mulyasa, E,. 2002. Menejemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peter dan Salim Yeni. 1991. Campus bahasa Indonesa Komteporer. Jakarta: Modern English Press.
Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purwanto Ngalim. 1987. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Soerjan. 1988. Sarana dan Prasarana. Jaklarta: Bumi Aksara
Sugiono. 2007. Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tahalele, J.F& dan Soekarno Indrafacrudi. 1975. Kepemimpinan pendidikan. Malang: Sub Proyek Buku Pelajaran P3T, IKIP Malang.
Wahyuningrum. 2000. Buku Ajar Menejemen Fasilitas Pendidikan. Yogyakarta: FIP.
Mohamad, Mustari. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Minarti, Sri. (2016). Manajemen Sekolah. Jogjakarta: AR- RUZZ MEDIA.
Suparlan. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (1993). Organisasi Dan Administrasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.