EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA GAME DOBE FLASH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA AUTISME
Abstract
dalam interaksi , komunikasi dan perilaku. Anak dengan gangguan ini dikatakan hidup dalam
dunianya sendiri. Salah satu penanganan autisme dengan pemberian terapi. Adapun materi
yang ada dalam teripi ini dikemas dalam bentuk game adobe flash. Adapun tujuan penlitian
ini adalah untuk mengetahui efektifitas game adobe flash untuk melihat kemampuan interaksi
pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan one group ,
pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 3orang siswa autisme di SLB
Pembina Provinsi NTB. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan observasi dengan uji
statistic Wilcoxon march pairs tes. Adapun hasil yang didapatkan adalah signifikan hal ini
ditunjukkan berdasarkah adanya perbedaan nilai pretes dan posttest dengan taraf signifikansi
5%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan game adobe
flash sangat efektif untuk melatih kemampuan interaksi siswa autime
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimin, 2010. Prosedur
Peneltian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta. PT Rineka Cipta. Jakarta
Bambang, S. Arifin.,2015. Psikologi Sosial.
Bandung. Pustaka Setia
Handojo, y., 2009 Autisme pada Anak,
Menyiapkan anak Autis untk mandiri
dan masuk Sekolah Reguler dengan
Metode ABA basic. Jakarta Buana Ilmu
Populer.
M.Ali dan Mohammad Asrori, 2004.
Psikologi Remaja Perkembangan
Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara
Sugiono., 2013 , Metode penelitian kualitatif
,Kuantitatif an R &D . Bandung.
Alfabeta
Slamet, Santoso. 2010 Teori-Teori Psikologi
Sosial. Bandung Refika Aditama
Triantoro, Safaria., 2005. Autisme
Pemahaman Baru untuk Hidup
Bermakna bagi Orang Tua .
Yogyakarta. Garaha ilmu
Wiwik, z. 2015., Pengembangan Modifikasi
Game dobe flash jurnal. IKIP
Mataram
Yuwono, Joko., 2009. Memahami Autistik.
Bandung Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v3i2.1273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.