Pengaruh Kartu Huruf Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Membaca

Hadi Gunawan Sakti, Ishak Khafisin

Abstract


Abstract: Based on the results of observations carried out at PAUD AL-IKHTIAR Bukit Tinggi, there are several problems faced by related schools: the beginning of reading in young children, reading improvement was still needed, there are still many children who do not understand the letters of the alphabet, reading ability, and the learning activities carried out by the teacher only rely on writing on the blackboard and LKA (children's worksheets). The purpose of this research was to determine The Effect of Audio-Visual-Based Letter Card Media to Improve Students’ Memory Ability in Reading Subjects at AL-IKHTIAR PAUD Bukit Tinggi Village, West Lombok Regency, in Academic Year 2023/2024. The primary data collection methods in this research are test, observation, and documentation, with documentation serving as a supplement.The data analysis technique used statistical analysis with the chi-square formula. The results of the analysis obtained a value of 12.641, while the chi square value in the table with db = 4 and a significance level of 5% was 9.488. Thus, the chi square analysis value was greater than the chi square tabel value (12.641 > 9.488). This means that the null hypothesis was rejected and the alternative hypothesis was accepted, which reads: There was The Effect of Audio-Visual-Based Letter Card Media to Improve Students’ Memory Ability in Reading Subjects at AL-IKHTIAR PAUD Bukit Tinggi Village, West Lombok Regency, in Academic Year 2023/2024. It can be concluded that the results of this research are “significant”.

Key Words: audio-visual, letter card media, memory ability.

Abstrak: Bedasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di PAUD AL-IKHTIAR Desa Bukit tinggi, terdapat beberapa masalah yang dihadapi sekolah terkait, permulaan membaca pada anak usia, masih diperlukan peningkatan membaca, masih banyak anak-anak yang belum paham tentang huruf-huruf abjad, kemampuan membaca, Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru hanya mengandalkan menulis di papan tulis dan LKA (lembar kerja anak). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu Huruf Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Membaca Di Paud Al-Ikhtiar Desa Bukit Tinggi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test sebagai metode pokok, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus chi square. Hasil analisis diperoleh nilai 12,641 sedangkan nilai chi square dalam tabel dengan db= 4 dengan taraf signifikansi 5%= 9,488 dengan demikian bahwa nilai chi square analisis lebih besar daripada nilai chi square tabel (12,641> 9,488). Hal ini berarti hiposis nihil ditolak dan hipotesis alternative diterima yang berbunyi: ada Pengaruh Media Kartu Huruf Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Membaca Di Paud Al-Ikhtiar Desa Bukit Tinggi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Sugguh dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.

Kata Kunci: Media Kartu Huruf, Audio Visual, Kemampuan Daya Ingat.                                                                                                                                             


Full Text:

PDF

References


Arief, S, Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Rineka Cipta

. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Rineka Cipta

. 2014.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Rineka Cipta

. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Rineka Cipta

Association og Education Comunication & Techology (AECT), 2018. Definisi Teknologi Pendidikan: 1.32, diterjemahkan oleh: Prof. Dr. Atwi Suparman, M.Sc. (https://www.pustaka.ut.ac.id Diakses 17 Desember 2021 Pukul 09.20).

Astuti, Dwi, Rini. 2013. Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan di Kelas I SDN Sumbersari 01 Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi.

Atkinson, Rita, L, dkk. 2019. Introduction To Psychology. Surabaya. Intraksi

Baroroh. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok B Di TK PKK Marsudisiwi Gunungkelir Plaret Bantul. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri.

Basman, Dwiyanti, A. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Ejaan Siswa Kelas 1 SDN 30 Rumaju Kabupaten Luwu. Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/14604-Full_Text.pdf.

Chandra, R, D, A. 2017. Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal A, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember. Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal

Damayanti, Siska. 2012. Peningkatan Aktifitas Belajar Dengan Menggunakan Media Kartu Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 13 Nanga Tayap Kabupaten Ketapang. Pontianak. Universitas Tanjungpura

Darmadi., Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Desi Rahmy Astuti. 2017. Meningkatkan daya ingat siswa dengan metode mind mapping (pemetaan pemikiran) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII MTs Negeri Godean Tahun Ajaran 2016/2017.

Faturrahman, Dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikoligi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Jusnilai. 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 05 Sialang Kecamatan Kapur Ix Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Ensiklopedia Education Review Vol. 1 No.1.

Kapadia. 2014. Daya Ingat (Bagaimana Mendapatkan yang Terbaik.. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Kuswana. 2011. Taksonomi Berfikir, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lestari, Ariani. 2014. BAB II Tinjauan Pustaka 2.1 Tinjauan Media Pembelajaran 2.1. 20 (http://eprints.umm.ac.id/

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, CV Pustaka Setia

Maulana, Akmal, H. 2014. Pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar vol 2. No 2. (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/6008) diakses 02 desember 2022 pukul 10.20 wita

Miarso, Yusuf Hadi. 2007. Menyemai Beni Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Marissan, M, dkk. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Meri Handayani. 2020. Penerapan media audio visual dalam meningkatkan penguasaan konsep pelajaran pendidikan agama Islam pada kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam AL-FALAH Kota Jambi Tahun Ajaran 2019/2020.

Musfiqon, M. 2012.Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Nesthi, Ari, Astuti. 2012. Penggunaan media kartu huruf untuk peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah di TPQ Muftahul ulum Kabundelan Kecamatan Batang. Skripsi sarjana pendidikan. Pekalongan. Perpustakaan STAIN Pekalongan.

Nurfitri zamzani. 2018. Pengaruh media kartu huruf terhadap keterampilan membaca permulaan murid kelas 1 SD INPRES Kampong Parang Kabuoaten Gowa Tahun Ajaran 2017/2018.

Nurhadi. 2016. Strategis Meningkatkatkan Daya Baca. Jakarta: PT. bumi Aksara.

Rahayu, R, T. 2014. Meningkatan Daya Ingat Melalui Penggunaan Media Mind Mapping Pada Anak Kelompok B1 Tk Lkmd Singosaren Banguntapan. Jurnal https://eprints.uny.ac.id/14408/1/skripsi.pdf. Diakses 25 Mei 2022 Pukul 10:23 WITA.

Rahmat, Abdul. 2019. Peningkatan daya ingat peserta didik melalui strategi quantum quotient dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas VII smpn 21 bandar lampung. http://repository.radenintan.ac.id./5985/1/TESIS%20LENGKAP.pdf

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Kariyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Sadiman, A, S. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

. 2017. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

. dkk. 2014. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Santrock. John, W. 2011. Childhood, Perkembangan Anak, Edisi Ke 6 Airlangga, Surabaya

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sukmadinata, N, S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slamet, St, Y. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia Di kelas Rendah dan Tinggi Sekolah Dasar. jawa tengah: UNS Press.

Sutaryono. 2017. Efektifitas Penggunaan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyanto, Slamet. 2012. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta. Depdiknas.

Tarigan, Hendry, G. 2015. Membaca Merupakan Suatu Keterampilan Berbahasa., Bandung: ANGKASA

Utamiasih, NI, NS. 2020. Penerapan metode SAS Berbantu kartu huruf berwarna untuk meningkatkan hasil belajar membaca permulaan. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 5 Nomor 1

Widiyanti. 2011. Psikologi dalam perusahan, Jakarta: Rineka Cipta,

Yermiandhoko. 2021. Pengembangan Video Animasi Jawadwipa Materi Keberagaman Budaya Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah dasar (https://journal.unj.ac.id)

Yosa. 2012. Analisis Pembelajaran Pengenalan Huruf dengan Menggunakan Media Alfabet pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Pontianak : Universitas Tanjungpura.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.11644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.