Pengaruh Kualitas Pelayanan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Mixue Kota Mataram
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to determine the effect of Service Quality and Promotion on Consumer Buying Interest of Mixue Mataram City. The population in this study is Mixue consumers who buy Mixue products. Data collection techniques in this study used questionnaires. The data used are primary data and secondary data. In this study, a sample of 68 respondents used purposive sampling techniques using the Lameshow formula. The data analysis used in this study was quantitative with multiple linear regression method. The results show that simultaneously the Quality of Service and Promotion have a significant effect on Buying Interest. As for partially, Service Quality does not have a significant effect on Buying Interest, while Promotion has a significant effect on Buying Interest. The influence of Service Quality and Promotion on Buying Interest is shown by the determination coefficient of 567 (56.7%). These results show that the variables Service Quality (X1) and Promotion (X2) affect the variable Buying Interest (Y). While the remaining 43.3% was influenced by other factors that were not studied in this study.
Keywords: Quality of Waiters, Promotion, and Buying Interest
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Mixue Kota Mataram. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen Mixue yang membeli produk Mixue. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 68 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Lameshow. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa secara simultan Kualitas Pelayanan dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Adapun secara parsial Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli sedangkan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Besar pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Minat Beli di tunjukkan dengan koefesien determinasi sebesar 567 (56,7%). Hasil ini menunjukkan bahawa variabel Kualitas Pelayanan ( X1 ) dan Promosi (X2) berpengaruh terhadap variabel Minat Beli ( Y ). Sedangkan sisanya 43,3% dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas Pelayan, Promosi, dan Minat Beli
Full Text:
PDFReferences
Adesi, Fella Piona, and Yulius Wahyu Setiadi. "Pengaruh Kualitas Produk, Fasilitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen Sampono Perfumery." Prosiding Seminar Nasional Business Corporate. Vol. 2. No. 1. 2023.
Adita, A. (2023). Jurnal Manajemen Riset Inovasi.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung.
Arianto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas. Pengunjung.
Assauri. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi).
Difa, N. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk.
et.al, A. A. (2023). Jurnal Manajemen Riset Inovasi.
Ferdinand. (2016). Analisis Implementasi Proses Knowledge Management ... Analisis Perilaku Konsumen.
Gaspersz, V. (2017). Production Planning And Inventory.
Heryanti, A. (2023). Journal on Education.
Kotler. (2014). Prinsip Prinsip Pemasaran.
kotler. (2017). Marketing Manajement, 15th Edition New. Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler. (2017). Marketing Manajement, 15th Edition New. Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, & Keller . (2017). Marketing Manajement.
Kotler, & Keller. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid. 2. Jakarta: PT Indeks.
Laksana. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran.
Malau. (2017). Manajemen Pemasaran. Teori dan Aplikasi Pemasaran Era. Tradisional Sampai Era Modernisasi Global.
Nirma. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pelanggan Pada Toko Giant Kota Makassar
Priansa. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta. Fandy Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction.
Rahmat, S. (2023). Ilmu Manajemen Pemasaran : dengan pendekatan praktis. Jambi.
Rizkina, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Syariah Terhadap Minat Beli Ulang Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pada Toko Nzr Phone.
Salsyabila, S. R., Pradipta, A. R., & Kusnanto, D. ( 2021 ). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Pada Marketplace Shopee. Jurnal Manajemen, 2021, 13.1 : 37-46.
Santi, N. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko Mardhatillah Hijab Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Budiardjo Miriam, 2015. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. Suryadi. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Tjiptono , & Chandra. (2016). Service, Quality & Satisfaction.
Tjiptono. (2016). manajemen pemasaran.
Tjiptono, & Chandra. (n.d.). Service, Quality & Satisfaction.
Bakti, Umar. ( 2020 ). “ Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung” Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Pasar Tradisional Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 123-132. Widiyanto (2013), Statistika Terapan : Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya, PT Alex Media Komputindo, Jakarta. Widodo, Slamet, and Suhardi Suhardi. "Pengaruh Promosi dan Kemanan Berbelanja Terhadap Minat Beli Konsumen pada Situs Belanja Online Blibli. com di Kota Batam." SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 5.4 (2023).
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.11643
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.