Implementasi Konsep Ing Ngarso Sung Talado, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani Dalam Perspektif Kepemimpinan Kepala Sekolah
Abstract
Key Words: Ladership, principal, education trilogy.
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana sosok kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan konsep trilogi pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara. Dimana tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengimplementasian konsep trilogi pendidikan kepala sekolah di SDN Cipocok Jaya 4. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penjabaran data berupa deskripsi kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui wawancara dan observasi, dimana subjek dalam penelitian ini dilakukan pada kepala sekolah dan guru di SDN Cipocok Jaya 4. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah SDN Cipocok Jaya 4 menerapkan konsep trilogi pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara.
Kata Kunci: Kepemimpinan, kepala sekolah, trilogi pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Anggoro, Dari Tri. & Mundilarno. (2020). Implementasi trilogi kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SDN 2 Sanden Bantul Yogyakarta. Media manajemen pendidik. 2(3). 474-476.
Ikmal, Hepi. Dkk. (2022). Peranan guru dalam implementasi trilogi ki hadjar dewantara terhadap pembentukan karakter siswa di ma roudlatul muta’abbidin lamogan. Jurnal al-murabbi. 7(2). 253-254.
Lion, Solo, M, F. (2021). Implementasi Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah Bagi Kinerja Tenaga Pendidik SMA Katolik Bantul. Media Management Pendidikan. 4 (2). 283-284.
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29-40.
Moleong, & J, L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (35th ed.). Remaja Rosdakarya.
Mujahid, Shoffan dkk. (2021). Studi Kasus Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. SHEs Conference Series. 5 (1).233.
Ndawu, Tin D M, dkk. (2019). Implementasi kepemimpinan ki hadjar dewantara dalam manajemen pembelajaran praktik. Media manajemen pendidikan. 2(1). 137.
Nugroho, Wahyu. dkk. (2018). Implementasi trilogi Ki Hadjar Dewantara di SD taman muda Jetis Yogyakarta. Jurnal pendidikan. 10 (1). 47.
Putra, B., & Sa'di, K. (2023). Peran Taman Pendidikan Al-Quran Hidayaturrasyidin Dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 167 - 178.
Putri, TA. (2020). Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada SMK Tamansiswa di Kota Tebing Tinggi. Puteri Hijau Jurnal Pendidikan Sejarah. 5 (1). 87-91.
Rahmi, Sri. (2018). Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Banda Aceh: Percetakan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.
Rostikawati, Dian. (2022). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah Surabaya. Cipta Media Nusantara.
Siti, R. (2021). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 16(1), 1–13.
Suparman. (2019). Kepemimpian Kepala Sekolah & Guru. Yogyakarta. Uwais Inspirasi Indonesia.
Tatang. (2015). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Wijayanti, wenny. (2019). Implementasi trilogi kepemimpinan (ki hadjar dewantara) di Madrasah Tsanawiyah. Media Manajemen Penelitian 2(2). 186.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.9981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.