Implementasi Konsep Ing Ngarso Sung Talado, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani Dalam Perspektif Kepemimpinan Kepala Sekolah

Reksa Adya Pribadi, Mutakarikah Mutakarikah, Achmad Firmansyah Putra I., Nurhazizah Nurhazizah

Abstract


Abstract: This research is motivated by the leadership figure of the school principal in implementing the educational trilogy concept coined by Ki Hadjar Dewantara. The aim of this research is to determine the implementation of the principal education trilogy concept at SDN Cipocok Jaya 4. This research uses qualitative methods with data descriptions in the form of written word descriptions. The data collection technique used was through interviews and observation, where the subjects in this research were principals and teachers at SDN Cipocok Jaya 4. The results obtained in this study showed that the leadership carried out by the principal of SDN Cipocok Jaya 4 applied the concept of trilogy education initiated by Ki Hadjar Dewantara.

Key WordsLadership, principal, education trilogy.

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana sosok kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan konsep trilogi pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara.  Dimana tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui pengimplementasian konsep trilogi pendidikan kepala sekolah di SDN Cipocok Jaya 4. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penjabaran data berupa deskripsi kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui wawancara dan observasi, dimana subjek dalam penelitian ini dilakukan pada kepala sekolah dan guru di SDN Cipocok Jaya 4. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah SDN Cipocok Jaya 4 menerapkan konsep trilogi pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara. 

Kata KunciKepemimpinan, kepala sekolah, trilogi pendidikan



Full Text:

PDF

References


Anggoro, Dari Tri. & Mundilarno. (2020). Implementasi trilogi kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SDN 2 Sanden Bantul Yogyakarta. Media manajemen pendidik. 2(3). 474-476.

Ikmal, Hepi. Dkk. (2022). Peranan guru dalam implementasi trilogi ki hadjar dewantara terhadap pembentukan karakter siswa di ma roudlatul muta’abbidin lamogan. Jurnal al-murabbi. 7(2). 253-254.

Lion, Solo, M, F. (2021). Implementasi Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah Bagi Kinerja Tenaga Pendidik SMA Katolik Bantul. Media Management Pendidikan. 4 (2). 283-284.

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29-40.

Moleong, & J, L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (35th ed.). Remaja Rosdakarya.

Mujahid, Shoffan dkk. (2021). Studi Kasus Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. SHEs Conference Series. 5 (1).233.

Ndawu, Tin D M, dkk. (2019). Implementasi kepemimpinan ki hadjar dewantara dalam manajemen pembelajaran praktik. Media manajemen pendidikan. 2(1). 137.

Nugroho, Wahyu. dkk. (2018). Implementasi trilogi Ki Hadjar Dewantara di SD taman muda Jetis Yogyakarta. Jurnal pendidikan. 10 (1). 47.

Putra, B., & Sa'di, K. (2023). Peran Taman Pendidikan Al-Quran Hidayaturrasyidin Dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 167 - 178.

Putri, TA. (2020). Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada SMK Tamansiswa di Kota Tebing Tinggi. Puteri Hijau Jurnal Pendidikan Sejarah. 5 (1). 87-91.

Rahmi, Sri. (2018). Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Banda Aceh: Percetakan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.

Rostikawati, Dian. (2022). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah Surabaya. Cipta Media Nusantara.

Siti, R. (2021). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 16(1), 1–13.

Suparman. (2019). Kepemimpian Kepala Sekolah & Guru. Yogyakarta. Uwais Inspirasi Indonesia.

Tatang. (2015). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Wijayanti, wenny. (2019). Implementasi trilogi kepemimpinan (ki hadjar dewantara) di Madrasah Tsanawiyah. Media Manajemen Penelitian 2(2). 186.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.9981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.