Evaluasi Berbasis Tujuan Pada Program Taman Baca Masyarakat di SKB Kota Serang
Abstract
Key Words: TBM, Evaluation, Goal-Based.
Abstrak: Pendidikan Nonformal dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan non formal hadir menjadi jalan keluar dari permasalahan rendahnya minat baca masyarakat di Indonesia dengan adanya program Taman Baca Masyarakat yang menjadi sarana penambah dan pelengkap bidang pendidikan. Melihat minat baca masyarakat Indonesia yang rendah menjadi keprihatinan di kalangan penilik pendidikan, praktisi literasi, dan orang tua. Taman Baca Masyarakat hadir sebagai salah satu alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan Taman Baca Masyarakat adalah Untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki kecakapan literasi dasar agar mampu bersaing dan bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, meningkatkan minat baca dan budaya literasi di masyarakat, dan memerankan peran TBM dalam memberdayakan masyarakat. Taman Baca Masyarakat memiliki peran yang sama dengan perpustakaan yaitu sebagai penyedia fasilitas membaca, namun keberadaannya lebih dekat dan dapat berasal dari masyarakat itu sendiri. Dalam penelitian ini kami meneliti TBM Perintis yang berlokasi di Raya Petir KM. 4 Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya Serang, Kota Serang, Provinsi Banten. TBM Perintis ini berada dalam lingkup SKB Kota Serang. Dalam melaksanakan penelitian kami mendapatkan sumber data primer yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data berupa wawancara langsung bersama pengelola Taman Bacaan Masyarakat SKB Kota Serang. Hasil penelitian yang sudah dilakukan kemudian diolah dengan menggunakan teknik pengolahan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan observasi ini menggunakan model evaluasi berbasis tujuan untuk melihat bagaimana evaluasi yang dilakukan oleh TBM Perintis.
Kata Kunci: TBM, Evaluasi, Berbasis Tujuan.
Full Text:
PDFReferences
Amin, Sholikhul dan Joko Sutarto. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Kecakapan Hidup (Pelatihan Life Skill Computer di Pondok Pesantren Salafiyyah Roudlotu Mubtadiin Balekambang Jepara Tahun 2015). Journal of Non Formal Education and community empowerment, vol.4(ii).
Andi Amran Asriadi, S.P., M. Pd., M.P. Sahlan,S.P.,M.S. (2022). Program evaluasi penyuluhan pertanian. Cv azka pustaka. Sumatra Barat.
Apriani, Fitri dan Tri Suminar. (2015). Manajemen Penyelenggaraan Program Bina Keluarga Remaja Melalui Kegiatan Keterampilan Merajut di Rw 06 Kelurahan Bandarjo Ungaran Barat. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, volume 5 (Nomor 1).
Heru Laksono Dibyo, dkk. (2022). Perencanaan Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Untuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Karang Putih. Jurnal Andalas: Rekayasa dan Penerapan Teknologi, Vol.2 (ii).
Hibberts, M., Burke Johnson, R., & Hudson, K. (2012). Common Survey Sampling Techniques BT - Handbook of Survey Methodology for the Social Sciences (L. Gideon (ed.);pp. 53–74). Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3876-2_5
Kalida, Muhsin. (2012). Fundraisng Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Cangkruk Publishing.
Maryani, K. (2021). Peran Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang Sebagai Satuan Pendidikan Non Formal. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 33 (2), 95-115. ISO 690
Meilya, Ika Rizqi, Fakhruddin dan Rasdi Ekosiswoyo. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Dialogis Paulo Freire Pada Program Paket B di Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Desa Kalibening Salatiga Jawa Tengah. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, volume 3 (Nomor 1).
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.
Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Nurgiyantoro, Burhan. (1988). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah; Sebuah Pengantar Teoritis dan Pelaksanaan. Yogyakarta: BPFE.
Otzen, T., & Manterola, C. (2017). Sampling Techniques on A Population Study. Int. J. Morphol, 35(1), 227–232
Putra, B., & Sa'di, K. (2023). Peran Taman Pendidikan Al-Quran Hidayaturrasyidin Dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 167 - 178
Rohman, Asep Saeful, Wina Erwina dan Elnovani Lusiana. (2017). Transformasi Perpustakaan Desa Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Majalengka. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer, volume 3 (Nomor 2).
Saputra, Wendy Ariyadi dan Sungkowo Edy Mulyono. (2015). Pembelajaran Kejar Paket C yang Terintegrasi Life Skill di UPTD SKB Unggaran. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, vol.4(ii).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Waluyo, Yoga Tri dan Liliek Desamawati. (2015). Peran Tutor dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Andragogi di Rutan Banjarnegara. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, vol.4 (ii).
Waryono, Liliek Desmawati dan Emmy Budiartati. (2014). Upaya Pengemudi Becak Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak (Studi asus di Desa Pasarbatang Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, vol.3(ii).
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.9921
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.