Evaluasi Berbasis Tujuan Pada Program Taman Baca Masyarakat di SKB Kota Serang

Annisa Nurbaeti, Najla Khairunnisa, Sefina Nuryalsa, M. Iqbal, M. Fazri

Abstract


Abstract: Non-formal education in Law Number 20 of 2003 concerning the National Education System is an education path outside formal education that can be implemented in a structured and tiered manner. Non-formal education is present as a way out of the problem of low interest in reading in Indonesia with the Taman Baca Masyarakat programme which is a means of adding and complementing the education sector. Seeing Indonesia's low interest in reading is a concern among education supervisors, literacy practitioners, and parents. Taman Baca Masyarakat is present as an alternative solution to the problem. The purpose of Taman Baca Masyarakat is to create a community that has basic literacy skills in order to be able to compete and work according to their competencies, increase reading interest and literacy culture in the community, and play the role of TBM in empowering the community. Taman Baca Masyarakat has the same role as a library, namely as a provider of reading facilities, but its existence is closer and can come from the community itself. In this research we examined TBM Perintis which is located at Raya Petir KM. 4 Cipocok Jaya, Cipocok Jaya Serang District, Serang City, Banten Province. TBM Perintis is within the scope of SKB Serang City. In carrying out the research, we obtained primary data sources obtained in this study, namely data in the form of direct interviews with the manager of the Community Reading Gardens of SKB Serang City. The results of the research that has been carried out are then processed using data processing techniques by means of observation, interviews, and documentation. In the implementation of this observation using an objective-based evaluation model to see how the evaluation conducted by TBM Perintis. 

Key Words: TBM, Evaluation, Goal-Based.

Abstrak: Pendidikan Nonformal dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan non formal hadir menjadi jalan keluar dari permasalahan rendahnya minat baca masyarakat di Indonesia dengan adanya program Taman Baca Masyarakat yang menjadi sarana penambah dan pelengkap bidang pendidikan. Melihat minat baca masyarakat Indonesia yang rendah menjadi keprihatinan di kalangan penilik pendidikan, praktisi literasi, dan orang tua. Taman Baca Masyarakat hadir sebagai salah satu alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan Taman Baca Masyarakat adalah Untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki kecakapan literasi dasar agar mampu bersaing dan bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, meningkatkan minat baca dan budaya literasi di masyarakat, dan memerankan peran TBM dalam memberdayakan masyarakat. Taman Baca Masyarakat memiliki peran yang sama dengan perpustakaan yaitu sebagai penyedia fasilitas membaca, namun keberadaannya lebih dekat dan dapat berasal dari masyarakat itu sendiri. Dalam penelitian ini kami meneliti TBM Perintis yang berlokasi di Raya Petir KM. 4 Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya Serang, Kota Serang, Provinsi Banten. TBM Perintis ini berada dalam lingkup SKB Kota Serang. Dalam melaksanakan penelitian kami mendapatkan sumber data primer yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data berupa wawancara langsung bersama pengelola Taman Bacaan Masyarakat SKB Kota Serang. Hasil penelitian yang sudah dilakukan kemudian diolah dengan menggunakan teknik pengolahan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan observasi ini menggunakan model evaluasi berbasis tujuan untuk melihat bagaimana evaluasi yang dilakukan oleh TBM Perintis. 

Kata Kunci: TBM, Evaluasi, Berbasis Tujuan.


Full Text:

PDF

References


Amin, Sholikhul dan Joko Sutarto. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Kecakapan Hidup (Pelatihan Life Skill Computer di Pondok Pesantren Salafiyyah Roudlotu Mubtadiin Balekambang Jepara Tahun 2015). Journal of Non Formal Education and community empowerment, vol.4(ii).

Andi Amran Asriadi, S.P., M. Pd., M.P. Sahlan,S.P.,M.S. (2022). Program evaluasi penyuluhan pertanian. Cv azka pustaka. Sumatra Barat.

Apriani, Fitri dan Tri Suminar. (2015). Manajemen Penyelenggaraan Program Bina Keluarga Remaja Melalui Kegiatan Keterampilan Merajut di Rw 06 Kelurahan Bandarjo Ungaran Barat. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, volume 5 (Nomor 1).

Heru Laksono Dibyo, dkk. (2022). Perencanaan Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Untuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Karang Putih. Jurnal Andalas: Rekayasa dan Penerapan Teknologi, Vol.2 (ii).

Hibberts, M., Burke Johnson, R., & Hudson, K. (2012). Common Survey Sampling Techniques BT - Handbook of Survey Methodology for the Social Sciences (L. Gideon (ed.);pp. 53–74). Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3876-2_5

Kalida, Muhsin. (2012). Fundraisng Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Cangkruk Publishing.

Maryani, K. (2021). Peran Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang Sebagai Satuan Pendidikan Non Formal. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 33 (2), 95-115. ISO 690

Meilya, Ika Rizqi, Fakhruddin dan Rasdi Ekosiswoyo. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Dialogis Paulo Freire Pada Program Paket B di Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Desa Kalibening Salatiga Jawa Tengah. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, volume 3 (Nomor 1).

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Nurgiyantoro, Burhan. (1988). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah; Sebuah Pengantar Teoritis dan Pelaksanaan. Yogyakarta: BPFE.

Otzen, T., & Manterola, C. (2017). Sampling Techniques on A Population Study. Int. J. Morphol, 35(1), 227–232

Putra, B., & Sa'di, K. (2023). Peran Taman Pendidikan Al-Quran Hidayaturrasyidin Dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 167 - 178

Rohman, Asep Saeful, Wina Erwina dan Elnovani Lusiana. (2017). Transformasi Perpustakaan Desa Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Majalengka. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer, volume 3 (Nomor 2).

Saputra, Wendy Ariyadi dan Sungkowo Edy Mulyono. (2015). Pembelajaran Kejar Paket C yang Terintegrasi Life Skill di UPTD SKB Unggaran. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, vol.4(ii).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Waluyo, Yoga Tri dan Liliek Desamawati. (2015). Peran Tutor dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Andragogi di Rutan Banjarnegara. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, vol.4 (ii).

Waryono, Liliek Desmawati dan Emmy Budiartati. (2014). Upaya Pengemudi Becak Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak (Studi asus di Desa Pasarbatang Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, vol.3(ii).




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.9921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.