Evaluasi Model Formatif Pada Suatu Program Kesetaraan di PKBM Saffari Flexi School Kota Serang Banten

Adam Pratama Setiawan, Alfida Mutih Amalia, Dyah Hildayanti, Islamiatul Maghfiroh, Salsabila Salsabila

Abstract


Abstract: Basically, formative evaluation is an evaluation carried out during the learning system, which means looking at the extent of students' abilities in understanding the material or practices that have been presented. The purpose of this evaluation is to determine the sustainability of the program that has been designed, as well as to determine the obstacles when implementing a program, as well as to determine the form of action taken by the institution after the activity has taken place to measure the success of learning. PKBM Saffari has been in existence since 2020 until now. This PKBM has main programs, namely the Equality Program, Palwijan Training Program, and Homeschooling Program. The establishment of this equality program was based on the needs of the surrounding community and the many interests of people who were left behind in formal education. Apart from reasons of community needs, this program was held based on a high sense of desire by the founder of the PKBM Saffari Institute to shelter children who have dropped out of school, street children and children who are ostracized by their peers. Apart from providing formal education, this institution provides mental support to all students to continue their education. The type of formative evaluation carried out by PKBM Saffari is in the form of providing competency tests once a week or every 3 months to measure the success of learning when carrying out evaluations carried out simultaneously by PKBM Saffari. So so far, the equality program at PKBM has been running well with high public interest. So this writing is intended to find out in detail what formative evaluations and evaluations are implemented at PKBM Saffari using descriptive qualitative research methods directly in the field using field observations, literature studies, interviews and documentation studies, the results of which are presented in the form of written research articles.

Key Words: Evaluation, Formative, Equity

Abstrak: Pada dasarnya evaluasi formatif merupakan evaluasi yang dilakukan selama berlangsungnya sistem pembelajaran yang berarti melihat sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi ataupun praktek yang telah disampaikan. Tujuan dari evaluasi ini yaitu untuk mengetahui keberlangsungan program yang sudah dirancang, sekaligus untuk mengetahui hambatan saat menjalankan suatu program, serta untuk mengetahui bentuk tindakan yang dilakukan oleh lembaga setelah berlangsungnya kegiatan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran. PKBM Saffari ada sejak tahun 2020 hingga sekarang. Dalam PKBM ini memiliki program utama yaitu Program Kesetaraan, Program Pelatihan Palwijan, dan Program Homeschooling. Didirikannya program kesetaraan ini berdasarkan kebutuhan dari Masyarakat sekitar dan banyak minat Masyarakat yang tertinggal dalam Pendidikan formal. Selain alasan dari kebutuhan Masyarakat, program ini diadakan bedasarkan rasa keinginan yang tinggi oleh pendiri Lembaga PKBM Saffari untuk menaungi anak yang putus sekolah, anak jalanan, dan anak yang diasingkan oleh teman sebayanya. Selain memberikan Pendidikan formal, Lembaga ini memberikan support mental kepada seluruh peserta didiknya untuk tetap mau melanjutkan Pendidikan. Adapun jenis evaluasi formatif yang dilakukan oleh PKBM Saffari ini berupa memberikan uji komptensi seminggu atau per 3 bulan sekali untuk mengukur keberhasilan pembelajaran saat dilaksanakannya evaluasi yang dilakukan serentak oleh PKBM Saffari. Sehingga sejauh ini, program kesetaraan di PKBM ini dapat berjalan dengan baik dengan minat Masyarakat yang tinggi. Maka penulisan ini ditujukan agar mengetahui secara detail evaluasi formatif dan evaluasi yapa saja yang diterapkan di PKBM Saffari dengan metode penelitian kualitatif deskriptif secara langsung di lapangan dengan observasi lapangan, studi literatur, wawancara, dan studi dokumentasi yang hasilnya dituangkan dalam berupa tulisan artikel penelitian.

Kata Kunci: Evaluasi, Formatif, Kesetaraan



Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Minat Baca Pada Program Kesetaraan Paket C Di Pkbm Srikandi. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(2), 38-45.

Putri, M., & Sa'di, K. (2023). Efektivitas Program Keaksaraan Lanjutan Melalui Pendekatan Kearifan Lokal Di Pkbm Karoko Mas Desa Nanga Wera Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2), 102 - 110.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.9802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.