Evaluasi CIPP (Context, Input, Process Dan Product) Program Kesetaraan Paket C di SKB Kota Serang

Anisa Putri Larasati, Fransiska Simatupang, Irma Septiana, M. Rafli Nurdianto, Syifa Aulia Puspadanti

Abstract


Abstract: This study explains the evaluation of non-formal education programs in equivalence education package C at SKB Serang City. Evaluation is an activity in assess the success or effectiveness of a program. In the context of this study, evaluation learning used to assess outcomes from package C equivalency education programmes at SKB Serang City. This study aims to measure the extent of success in achieve the goals and expectations that have been set. The evaluation model used is CIPP evaluation which includes evaluation of contexts, inputs, processes, and products. This study Using descriptive methods with a qualitative approach. Data collected through interviews, observations, and documentation. The evaluation results show that the program equality package C in SKB Serang City provides benefits for residents who have not yet learned Have the opportunity to attend formal education.

Key Words: CIPP Evaluation, Equality, Package C.

Abstrak: Penelitian ini menjelaskan mengenai evaluasi pada program pendidikan non formal di pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Serang. Evaluasi merupakan kegiatan dalam menilai keberhasilan atau efektivitas suatu program. Dalam konteks penelitian ini, evaluasi pembelajaran yang digunakan untuk menilai hasil dari program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Serang. Penelitian ini bertujuan mengukur sejauh mana keberhasilan dalam mencapai tujuan dan harapan yang telah ditetapkan. Model evaluasi yang digunakan adalah Evaluasi CIPP yang mencakup evaluasi konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program kesetaraan paket C di SKB Kota Serang memberikan manfaat bagi warga belajar yang belum berkesempatan mengikuti pendidikan formal.

 Kata Kunci: Evaluasi CIPP, Kesetaraan, Paket C


Full Text:

PDF

References


Nurkhasanah. 2017. Evaluasi Program Paket C di PKBM Setia Mandiri Jakarta Selatan. UIN SYARIF HIDAYATULLAH: JAKARTA. Diakses melalui (file:///C:/Users/ASUS/Downloads/NURKHASANAH-%20FITK.pdf). Pada 10 september 2023.

Nurwahyuningsih, Evaluasi Pelaksanaan Program, diakses melalui http://eprints.uny.ac.id/.pdfhttp://eprints.uny.ac.id/.pdf, hal. 28

Putri, M., & Sa'di, K. (2023). Efektivitas Program Keaksaraan Lanjutan Melalui Pendekatan Kearifan Lokal Di PKBM Karoko Mas Desa Nanga Wera Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2), 102 - 110.

Sapinah, H., & Maryani, K. (2021). Peran Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang Sebagai Satuan Pendidikan Nonformal. Parameter, 33 (2), 95–113.

Sugana, M. T. B. D., & Sudrajat, I. (2023). Evaluasi Program Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Menjahit di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang. Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 11-28.

Suharsimi Arikunto dan Cepi Syafruddin Abdul Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan- Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. hal.2




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.9709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.