Efektivitas Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Literasi Membaca Anak Usia Dini Kelompok B di KB Pijar Beriman Kelurahan Dasan Agung Baru

Rosmalia Fitri, Suharyani Suharyani

Abstract


Abstract: The problem in this study is how the level of effectiveness of the reading corner in increasing interest in reading literacy for early childhood group B in KB Pijar Beriman, Dasan Agung Baru Village. This study aims to determine the level of effectiveness of the reading corner in increasing interest in reading literacy for early childhood group B in B Pijar Beriman, Dasan Agung Baru Village. This study uses the Stake evaluation method which consists of 3 components (antacendent, transaction, outcome). Determination of the sample by purposive sampling with the number of subjects 17 children. As for data collection techniques with observation sheets and documentation. The analytical method used is percentage analysis with a non-parametric statistical approach using the ideal mean (Mi) and ideal standard deviation (SDi) formulas and percentages. The results of the percentage analysis using the non-parametric statistical approach show that the acendent component is included in the high category, namely 61.7%, the transaction component is included in the high category, namely 68.2%, and the output component is included in the high category, namely 67.9%. While the overall results are in the high category, namely 65.6%, which means the program has been running effectively. It was concluded that the effectiveness of the reading corner in increasing interest in reading literacy for early childhood group B in the Pijar Beriman KB, Dasan Agung Baru Village, has been running effectively in accordance with the objectives to be achieved.

Keywords: Reading Corner, Interest in Literacy, Early Childhood

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat efektivitas pojok baca dalam meningkatkan minat literasi membaca anak usia dini kelompok B di KB Pijar Beriman Kelurahan Dasan Agung Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pojok baca dalam meningkatkan minat literasi membaca anak usia dini kelompok B di B Pijar Beriman Kelurahan Dasan Agung Baru. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi Stake yang terdiri dari 3 komponen (antacendent, transaction, outcome). Penentuan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah subyek 17 anak. Adapun teknik pengumpulan data dengan lembar observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis persentase dengan pendekatan statistik non parametrik dengan rumus mean ideal (Mi) dan standar deviasi ideal (SDi) dan persentase. Hasil dari analisis persentase dengan pendekatan statistik non parametrik ini menunjukkan bahwa komponen atacendent masuk katagori tinggi yaitu sebesar 61,7%, komponen transaction  masuk katagori tinggi yaitu sebesar 68,2%, dan komponen output masuk dalam katagori tinggi yaitu sebesar 67,9%. Sedangkan hasil keseluruhan berada pada katagori tinggi yaitu sebesar 65,6%, yang berarti program sudah berjalan secara efektif. Disimpulkan bahwa efektivitas pojok baca dalam meningkatkan minat literasi membaca anak usia dini kelompok B di KB Pijar Beriman Kelurahan Dasan Agung Baru sudah berjalan secara efektif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Kata Kunci: Pojok Baca, Minat Literasi, Anak Usia Dini 


Full Text:

PDF

References


Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabet

Rizal Prrsetya A. 2020. Efektivitas Program Literasi Sekolah Dalam Minat Baca Pada Siswa SMA Negeri I Surabaya. Skripsi, Universitas Airlangga.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Research And Development . Bandung : Alfabeta CV

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010 .Bandung : Citra Umbara

Suharyani dan I Wayan Tamba 2019. Evaluasi Program Kampung Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Di Desa Sesela Kecamatan Gunungsari. Jurnal Transformasi FIP IKIP Mataram.

Zakia. 2022. Efektivitas Pendidikan Informal Pendampingan Keluarga Pada Program Literasi di Desa Kwang Rundun Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur 2021. Skripsi Universitas Pendidikan Mandalika.

Cipta Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Khaironi, M. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal Informal: P2PNFI Regional II Semarang

Haruna, C. N. 2018. Efektivitas Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Dan C Oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cendikia Di Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(3), 53-63.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.