Transformasi Pengelolaan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Anita Kota Serang

Erlinda Erlinda, Putri Thalia Thalia, Hidayatullah Haila

Abstract


Abstract

 The development of the times has provided various significant impacts on the quality of human life. One of them is in the field of non-formal education, where the existence of this education will continue to be needed by various individuals with different backgrounds. Specifically, the Anita Course and Training Institute which has been established since 1982. The existence of Anita LPK as a service provider that trains various courses, one of which is sewing courses. This sewing course program, which is dominated by women, has undergone a transformation over time in its management process. In this LPK management process, it consists of 3 interrelated components, such as program planning, implementation and evaluation. These three things are important to do in order to run Anita's LPK in accordance with the progress made so that it can survive until now. Which provides a series of steps to coordinate, combine, and integrate existing resources and facilities optimally so as to be able to obtain added value effectively and efficiently. Therefore, this article will discuss the management transformation of Anita's LPK using interview methods and literature review as well as a literature approach with management results that transform gradually but do not develop rapidly. Due to limited management capabilities in promotion and curriculum development, it does not rely too much on the latest trends due to limited human resources in using the internet as a source of inspiration and promotional events in the digital era.

Key Words: Management, sewing courses

Abstrak

Perkembangan zaman telah memberikan berbagai dampak signifikan pada kualitas hidup manusia. Salah satunya pada bidang pendidikan Non Formal, di mana eksistensi pendidikan ini akan terus dibutuhkan oleh beragam individu dengan latar belakang yang berbeda. Khusus nya pada Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Anita yang sudah berdiri sejak 1982. Keberadaan LPK Anita sebagai penyedia jasa yang melatih berbagai kursus, salah satunya yaitu kursus menjahit. Program kursus menjahit yang di dominasi wanita ini mengalami transformasi perkembangan zaman dalam proses pengelolaannya, dimana dalam proses pengelolaan LPK ini terdiri dari 3 komponen yang saling berkaitan seperti ,perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Ketiga hal tersebut penting dilakukan untuk menjalankan LPK Anita sesuai dengan progres yang dibuat sehingga mampu bertahan sampai sekarang. Yang memberikan serangkaian langkah-langkah untuk mengoordinasikan,            mengombinasikan,            dan mengintegrasikan sumber daya dan fasilitas yang ada secara maksimal sehingga mampu memperoleh nilai tambah secara efektif dan efisien Oleh karena itu, pada artikel ini akan membahas mengenai transformasi pengelolaan LPK Anita yang menggunakan metode wawancara dan kajian literatur serta pendekatan kepustakaan dengan hasil pengelolaan yang bertransformasi secara bertahap namun tidak berkembang pesat. Karena keterbatasan kemampuan pengelolaan dalam promosi dan perkembangan kurikulum tidak terlalu bertumpu pada tren terkini disebabkan adanya keterbatasan sumber daya manusia dalam penggunaan internet sebagai salah satu sumber inspirasi dan ajang promosi di era digital.

Kata Kunci: Pengelolaan, kursus menjahit



Full Text:

PDF

References


Burhanuddin, Analisa Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan (Bandung, Mizan, 1994), hlm. 167

Erita, S. (2016). Beberapa model, pendekatan, strategi, dan metode dalam pembelajaran matematika. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-13.

Kosbandono, E. (2016). Asesmen dan Evaluasi untuk Maharah Istima’. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2).

Kurniadin, D., & Imam, M. (2014). Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al- Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.

Oteng Sutisna, Administrasi Pendidikan (Bandung Angkasa, 1983), hlm. 162

Peter F Drucker, Manajemen Di Tengah Perubahan (Jakarta: Gramedia, 1994), hlm.201.

Priago, R. N. (2013). Pengelolaan Lembaga Kursus (LKP) Chinju Dalam Menyelenggarakan Kursus Bahasa Korea di Kota Bengkulu.

RI, J. B. (n.d.). Database Peraturan. Retrieved Mei 27, 2023, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Sailor, M. J. G., Alexander, W. M., & Galen, M. A. Kurikulum 1. Pengertian Kurikulum. Sendjaja, S. D., Rahardjo, T., Pradekso, T., & Sunarwinadi, I. R. (2014). Teori komunikasi.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.