HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM CERIA DESA SESELA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Nurul Mutmainnah Nurul, Maskun Maskun, Herlina Herlina

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada hubungan antara kompetensi tutor dengan motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Ceria Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017/2018. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi tutor dengan motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan Paket C. Penentuan subjek dalam penelitian ini berjumlah 46 orang yang terdiri dari tutor dan warga belajar Paket C. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket sebagai metode utama dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung sebesar 0,874 sedangkan r tabel dengan taraf signifikansi 5% untuk N=46 yaitu 0,291 (r hitung 0,874> r tabel 0,291) Hal ini berarti bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi dapat diketahui bahwa korelasi hitung sebesar 0,874 termasuk kategori yang sangat kuat. Jadi kesimpulan yang diambil adalah terdapat hubungan yang sangat kuat antara kompetensi tutor dengan motivasi belajar peserta didik kesetaraan Paket C di PKBM Ceria tahun 2017/2018.
Kata Kunci: Kompetensi tutor, Motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Rusyandi.2016. Keberhasilan Pembelajaran Paket C Di PKBM Ardi Putra Desa Pendua Kabupaten Lombok Utara. Skripsi. IKIP Mataram

Riadi, E. 2016. Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS) Yogyakarta :CV. ANDI OFFSET

Sugiyono.2015. Metode Penelitian & Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun Skripsi. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. IKIP Mataram




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v3i2.742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.