Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan Melalui Program Pelatihan Pengolahan Rumput Laut di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Askot Mataram

Yuliani Kusuma Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menggali informasi mengenai pemberdayaan masyarakat berbasis kewirausahaan melalui program pelatihan pengolahan rumput laut di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Askot Mataram Tahun 2015 dilihat dari context, input, process dan product. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, tahap penyajian data dan tahap pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: Kriteria context pada program pelatihan pengolahan rumput laut di P2MKP Askot Mataram dapat disimpulkan berhasil dan sudah sesuai kriteria evaluasi context. Input pada program pelatihan dapat diuggkapkan bahwa berdasarkan deskripsi input, secara umum seluruh unsur yang terlibat dalam program, seperti warga belajar, instruktur, penyelenggara program dan sarana dan prasarana, bisa dikatakan berhasil dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Process pembelajaran pada program pelatihan pengolahan rumput laut di P2MKP Askot Mataram termasuk kedalam katagori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan pelatihan pengolahan rumput laut pada kriteria process sudah sesuai dan berhasil. Dilihat dari product penilaian dan kriteria product dapat disimpulkan bahwa program pengolahan rumput laut yang di selenggarakan oleh P2MKP Askot Mataram sudah berhasil dan sesuai dengan kriteria yang disarankan.
Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Kewirausahaan.


Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Bandung : PT. Refika Aditama

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pelatihan Ketenaga Kerjaan Pendekatan Terpadu “Pengembangan Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Bumi Aksara

Hamijoyo. 1973. Pengertian, Falsafah dan Azaz Pendidikan Luar Sekolah. FIP IKIP Bandung.

Kasmir. 2013. Kewirausahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Miles & Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif “Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru”. Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press)

Moleong, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Republik Indonesia. 2003.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 1, ayat 1.

Sepri. 2011. Kriteria Evaluasi. (online). http://sepriblog.blogspot.com/kriteria-evaluasi.html. Diakses tanggal 01 April 15 pukul 21.00

Wita Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suharto. Edi. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat “Kajian Strategi Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial”. Bandung : Refika Aditama

Sukardi. 2010. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara

Sunyoto, Danang. 2013. Metode Penelitian Ekonomi. Yogyakarta : CAPS

Supardi. 2006. Metodologi Penelitian. Mataram : Yayasan Cerdas Press

Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran ”Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v2i1.733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.