Implementasi Media Boneka Jari Melalui Kegiatan Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Sriyanti Sriyanti, Novi Dyah Ayu Putri

Abstract


Abstract: This study aims to describe the development of children's language skills by applying the storytelling method assisted by finger puppet media in Kindergarten ABA II "ALAM" Bojonegoro, by looking at the problem regarding the low ability of children's language, especially in speaking ability. This type of research is action research carried out in two cycles consisting of planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were 15 children. Research data on language skills were obtained using the observation method through instruments in the form of observation format sheets. The collected data were analyzed using descriptive statistics and quantitative descriptive analysis. The results of data analysis showed that there was an increase in the average score of children's language skills after the application of the finger puppet media-assisted storytelling method cycle I of 58.47% which was in the low category. Then in cycle II it becomes 84.00% which is in the high category. So the increase in language skills after applying the storytelling method assisted by finger puppet media is 25.33%.

Keywords: Language Skills, Finger Puppets, Storytelling.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendiskripsikan pengembangan kemampuan berbahasa anak dengan penerapan metode bercerita berbantuan media boneka jari di TK ABA II “ALAM” Bojonegoro, dengan melihat permasalahan mengenai rendahnya kemampuan berbahasa anak khususnya dalam kemampuan berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 15 orang anak. Data penelitian tentang kemampuan berbahasa diperoleh dengan menggunakan metode observasi melalui instrumen berupa lembar format observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan rata-rata skor kemampuan berbahasa anak setelah diterapkan metode bercerita berbantuan media boneka jari siklus I sebesar 58,47% yang berada pada kategori rendah. Kemudian pada siklus II menjadi 84,00% yang berada pada kategori tinggi. Jadi peningkatan kemampuan berbahasa setelah diterapkan metode bercerita berbantuan media boneka jari sebesar 25,33%.

Kata kunci : Kemampuan Berbahasa, Boneka Jari, Bercerita.


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Andriany, V. (2014). Optimalisasi perkembangan anak usia dini melalui kegiatan penyuluhan deteksi dini tumbuh kembang. Retrieved Februari Senin pukul 15.00 wib, 2023, from http://jurnal.upi.edu/file/Vina.pdf: http://jurnal.upi.edu/file/Vina.pdf

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhieni, N. a. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. In: Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. In N. a. Dhieni, Hakikat Perkembangan Bahasa Anak (pp. 1-28). Jakarta: Universitas Terbuka.

Ernawulan Syaodih, M. A. (2021). Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini (Edisi 2). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Gunarti, W. a. (2014). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar AUD. In W. a. Gunarti, Hakikat Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia 34 Tahun (pp. 1-51). Jakarta: Universitas Terbuka.

Hurlock, E. B., Meitasari Tjandrasa, M. Z., & Dharma, A. (2007). Child Develpoment ; Perkembangan Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman; Vol. 13 No. 1 Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Jember, 123.

Moeslichatoen. (2004). Metode pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan & Kebudayaan.

Ni Pt Juni Antari, N. K. (2023). Penerapan Model TGT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Tri Hita Kirana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 1 No. 1, 16.

Rahman, H. S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hoboken,NJ; PGTKI Press.

Sa'ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Din Volume 4 Nomor 2, 20.

Scarciglia, R. (2015). Comparative Methodologi and Plurarism In Legal Comparison in A Global Age. Beijing LawReview Vol 6 No 1 , 1-55.

Siska, Y. (2011). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Plying) Dalam Meningkatkan Ketrampilan Sosial dan Ketrampilan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal UPI Edisi Khusus Nomor 2, 33.

Soetjiningsih, C. H. (2021). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Kencana.

Sujiono, D. Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi Cetakan Ke VIII. Jakarta: 2013.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD : Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Syaodih, E. (2005). Bimbingan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tegeh, I. M. (2008). Media Pembelajaran. Singaraja: Institut Keguruan dan ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Wasimin. (2009). Peningkatan Kompetensi Berbicara Siswa SD melalui Metode Role Play. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 15 Nomor 1, 188-198.

Zaman, B. (2014). Media dan Sumber Belajar TK. In B. Zaman, Esensi Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (pp. 1-39). Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i1.7297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.