PENINGKATAN MINAT BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD HADI SAKTI TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi yang terjadi di SD HADI SAKTI, dimana minat belajar siswa masih sangat rendah pada mata pelajaran IPS dikarenakan metode pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar pada siswa kelas IV SD Hadi Sakti melalui media gambar pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 70% menjadi 95% pada siklus II. Sehingga, dapat dikatakan bahwa penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas 4 SD Hadi Sakti.
Kata kunci: Minat Belajar, Media Gambar, IPS
This research was conducted based on the conditions that occurred at SD HADI SAKTI, where students' interest in learning was still very low in social studies subjects due to inappropriate learning methods. The purpose of this study was to determine the increase in learning interest of fourth grade students at SD Hadi Sakti through media images on social studies subjects. This type of research is classroom action research (CAR). Data collection was carried out using the observation method. The results showed that there was an increase in students' learning interest in cycle I by 70% and cycle II by 95%. So, it can be said that the use of media images can increase the learning interest of grade 4 SD Hadi Sakti students.
Keywords: Interest in Learning, Image Media, IPS
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fatmah, Waddi, dkk (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Vol.7. NO 1. Hal 28- 35
Nana Sudjana, Media Pengajaran, (Jakarta: Sinar Baru Algensindo, 2001), hal. 23. 2 Subana, Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 1998), h. 322 Cet. Ke-4
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan
Safitri & Kabiba (2022). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 3 Ranomeeto. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.1. hal. 24-36.
Supardi. (2011). Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i1.7271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.