MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI CERITA FIKSI KELAS V SDN 1 MAMBEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rohana Maryati, Khairul Huda, Hadiyaturridho Hadiyaturridho

Abstract


Rohana Maryati (2022). Improving Students' Speaking Skills Using the Sosiodrama Method in Indonesian Subject Fiction Story Material for Class V SDN 1 Mamben Daya for the 2022/2023 Academic Year. This research is a class action research. The subjects in this study were fifth grade students at SDN 1 Mamben Daya. The stages in this research are planning, implementation, observation, and reflection. This research was conducted during the second cycle, which held 8 meetings in each cycle. The results of observations of student activity in cycle I, namely, 57% were classified as criteria (good enough), and in cycle II increased to 68%, classified as criteria (good). This proves that using the sociodrama method in the learning process can increase student activity. The results of the student practice tests in cycle I with the percentage of classical completeness, namely 47.37%, are classified as criteria (good enough). And for the average value in cycle I, namely 55.53. In cycle II there was an increase, where the results of the classical completeness percentage were 63.16%, classified as criteria (good), and the average value was 65.79. The results of students' practical tests in playing drama were assessed based on assessment indicators, namely, accuracy of speech, intonation, expression, fluency, and confidence. The results of this analysis can be concluded that the sociodrama method can improve the speaking skills of fifth grade students at SDN 1 Mamben Daya.

Keywords: speaking skill, sociodrama method.

Rohana Maryati (2022). Meningkatkan keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi Kelas V SDN 1 Mamben Daya Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Mamben  Daya. Tahapan  dalam penelitian ini adalah  perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan  refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama II siklus, yang dilaksanakan 8 kali pertemuan disetiap siklusnya. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu, 57% tergolong kriteria (cukup baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 68%, tergolong kriteria (baik). Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode sosiodrama pada proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hasil tes praktik siswa pada siklus I dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 47,37% tergolong kriteria (cukup baik)., dan untuk nilai rata-rata pada siklus I yaitu 55,53. Pada siklus II mengalami peningkatan, dimana hasil presentase ketuntasan klasikal yaitu  63,16%,tergolong kriteria (baik), dan nilai rata-rata  yaitu 65,79. Hasil tes praktik siswa dalam bermain drama dinilai berdasarkan indikator penilain yaitu, ketepatan ucapan, intonasi, ekspresi, kelancaran, dan percaya diri. Hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 1 Mamben Daya.

Keywords: keterampilan berbicara, metode sosiodrama.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Ed. Revisi, cet. 5,:Jakarta: PT Bumi.

Ayu. I. P. W. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama Siswa Kelas V SDN Taman Sari Bondowoso. Fakultas Ilmu

Hairudin, Dirfantara dan Kartika Digna Radmila. Hakikat Prosa dan UnsurUnsurnya. Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia. (Online),Jurnal.

Hardani, dkk. (2020). Metode Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Grup.

Kasman, Irda. (2021). Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Murid Kelas IV SDN 1 Labuang Baji, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar. (Online).

Lisnawati, Arum. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Drama Di Kelas V Mis Pramiyatu Wassa’adah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan. (Online). Akses 24 Mei 2022.

Muammar, dkk. (2018). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara BerbasisKomunikatif Bagi Siswa Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Sanabil:.Puri Bunga Amanah Mataram.

Mukrima, Safitri Siti, (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung::Bussines Management Of Education Indonesia Of University Of Education Bumi Siliwangi.

Nafi"ah, Siti Anisatun, (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indionesia Di SD. Yogyakarta: Ar-ruzz.

Pendidikan, Universitas Jember. (Online), http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/86087/Ida%20Ayu%20Putu%20Widyantari-140210204057%20%23.pdf?sequence=1. Akses 24 Mei 2022.

Puspita D. E. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kramat 4 Magelang. Universitas Muhammadiyah Magelang. (Online) http://eprintslib.ummgl.ac.id. Akses 26 Mei 2022.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i1.7270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.