Efektivitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Masyarakat di PKBM Ceria

Darmawan Darmawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat efektivitas TBM dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Masyarakat di PKBM Ceria. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrument pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis statistik non parametrik dan menggunakan kriteria efektivitas dengan masing-masing komponen sebagai berikut: komponen input, proses dan output. Hasil analisis data menunjukkan nilai input dengan mean aktualnya adalah 38, 81 berada diantara 37, 33 — ≥ 47,99 dan termasuk dalam kriteria efektif, nilai proses dengan mean aktualnya adalah 34 berada diantara 30, 33 — ≥ 38,99 dan termasuk dalam kriteria efektif dan nilai output dengan mean aktualnya adalah 26 berada diantara 23, 33 — ≥ 29,99 dan termasuk dalam kriteria efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: Efektivitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Masyarakat dengan komponen input, proses dan output adalah efektif.
Kata Kunci : Efektivitas, TBM, Motivasi Membaca.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dantes, Nyoman. 1983. Statistik Non Parametrik. Singaraja: FKIP UNUD.

Herlina, 2005. Efektivitas Diklat Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kepala Madrasah Tsanawiyah di Kota Matara. Tesis UNY. Yogyakarta.

Kalida, Muhsin. 2012. Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Aswaja.

Kaufman, R., & Thomas, S.1980 Evaluation Without Fear. New York: New View Points.

Saraswati. 2012. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Guyub Rukun Dalam MemberdayakanMasyarakat Di Kelurahan Bausasran Kec. Danurejan Yogyakarta.

http://porta/garuda.org/downlod adarticle.php?. (online). Diakses pada tanggal 29 November 2015 pukul : 15 : 00 Wita.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v2i1.727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.