Pola Kemitraan Sekolah Inklusi Dalam Memberikan Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pola kemitraan yang dibangun oleh sekolah inklusi dengan orang tua dan masyarakat dalam memberikaan layanan kepada ABK. Fokus dari penelitian ini adalah kemitraan sekolah dalam layanan ABK serta penguatan kapasitas guru pendamping khusus. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus di SD Negeri 20 Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kemitraan yang di bangun sekolah melibatkan orang tua serta lembaga yang konsen dalam Pendidikan inklusif. Kedua, dibutuhkan adanya pendekatan Pendidikan dan pelatihan bagi orang tua dan guru dalam memberikan layanan yang tepat kepada ABK sesuai dengan tingkat kebutuhannya.
Full Text:
PDFReferences
Ainscow, M. 2005. Developing Inclusive Systems: What Are The Levers For Change?. Journal of Educational Change. 6:109-124. DOI 10.1007/s10833-005-1298-4
Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research for Education: an Introduction to Theory and Methods, (3¬¬¬¬¬¬rdEducation), Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Cresswell, J.W., (2010) Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar Yogyakarta, Edisi Ketiga
Hasyim, Y. 2013. Pendidikan Inklusif di SMK Negeri 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 2, Juli 2013; 112-121 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615
Haromain. 2022. Pengembangan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Inklusi. Educatoria; Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol. 2, No. 1, Januari 2022; Hal. 64-70
Lincoln & Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage Publications
Olsen, G. & Fuller, M. 2003. Home School Relation. Working Sucessfully with Parents and Families. Boston: Allyn and Bacon.
Rose, R. & Howley, M. 2007. The Practical Guide to Special Educational Needs in Inclusive Primary Classrooms. SAGE Publication Ltd.
Sunaryo. 2009. Manajemen Pendidikan Inklusif; Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya dalam Perspektif Pendidikan Luar Biasa. Bandung. PLB FIP UPI.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.7000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.