EFEKTIVITAS PENDIDIKAN INFORMAL PENDAMPINGAN KELUARGA PADA PROGRAM LITERASI DI DESA KWANG RUNDUN KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR 2021
Abstract
The problem raised in this research was to know The Effectiveness of Family Assistance Informal Education in the Literacy Program in Kwang Rundun Village, Jerowaru District, East Lombok 2021. This research aims to determine the level of The Effectiveness of Family Assistance Informal Education in the Literacy Program in Kwang Rundun Village, Jerowaru District, East Lombok 2021. This research used an evaluative method with the CIPP evaluation model (context, input, process and product). Determination of the sample used purposive sampling with the number of subjects 25 people. The data collection techniques used are questionnaires, observation and documentation. The analytical method used percentage analysis with a non-parametric statistical approach with the ideal mean (Mi), ideal standard deviation (SDi) and percentage formulas. The results of the percentage analysis with a non-parametric statistical approach show that the context component is in the high category, 63.2%, the input component was in the high category, 48.4%, the process component was in the high category, 47.5%, and the last component was the product was in the 57% category. While the overall results are in the moderate category, which was 47.40%, which means that it has been running effectively. So it can be concluded that The Effectiveness of Family Assistance Informal Education in the Literacy Program in Kwang Rundun Village, Jerowaru District, East Lombok 2021 has been running effectively in accordance with the objectives to be achieved.
Key Words: Informal Education, Family Assistance, Literacy Program
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pendidikan informal pendampingan keluarga pada program literasi di Desa Kwang Rundun Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pendidikan informal pendampingan keluarga pada program literasi di Desa Kwang Rundun Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur 2021. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan model evaluasi CIPP (context, input, process dan product). Penentuan sampelnya dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek 25 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis persentase dengan pendekatan statistik non parametrik dengan rumus mean ideal (Mi), standar deviasi ideal (SDi) dan persentase. Hasil dari analisis persentase dengan pendekatan statistik non parametrik ini menunjukkan bahwa komponen context masuk kategori tinggi yakni 63,2%, komponen input masuk kategori tinggi yakni 48,4%, komponen process masuk kategori tinggi yakni 47,5% , dan yang terakhir adalah komponen product masuk dalam kategori 57%. Sedangkan hasil keseluruhan berada pada kategori sedang yakni sebesar 47,40%, yang berarti sudah berjalan secara efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa efektivitas pendidikan informal pendampingan keluarga pada program literasi di Desa Kwang Rundun Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur 2021 sudah berjalan secara efektif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Kata Kunci: Pendidikan Informal, Pendampingan Keluarga, Program Literasi.
Full Text:
PDFReferences
Cipta.Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian.Yogyakarta: PustakaBelajar.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CVAlfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabet
Sugiyono.2015.Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeda CV.
Sudiapermana, E. (2009). Pendidikan Informal. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010. Bandung : Citra Umbara.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.6925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.