EFEKTIVITAS PROGRAM KEAKSARAAN LANJUTAN MELALUI PENDEKATAN KEARIFAN LOKAL DI PKBM KAROKO MAS DESA NANGA WERA KECAMATAN WERA KABUPATEN BIMA

Miranti Putri, Kholisus Sa'di

Abstract


The problem in this research was How to The Effectiveness of the Advanced Literacy Program through a Local Wisdom Approach at PKBM Karoko Mas, Nanga Wera Village, Wera District, Bima in Year 2022. This research aims to determine The Effectiveness of the Advanced Literacy Program through a Local Wisdom Approach at PKBM Karoko Mas, Nanga Wera Village, Wera District, Bima in Year 2022. This research was an evaluative research with a quantitative approach, while the evaluation model used in this research was the evaluation of the CIPP model (context, input, process, and product) with a population of 20 learning residents who follow Advanced Literacy learning process. Data was collected using the questionnaire method as the main method, observation and documentation as a complementary method. The instrument used in this research was a questionnaire, while the technical analysis of the data used in this reseach used descriptive data analysis with the percentage formula. Respondents' answers after being analyzed are then interpreted through an interpretation table to get the value of the program's effectiveness. The results of this reseach stated that for the four components of program effectiveness, the score was very effective with different percentage values between the four components. The context component is 82%, the input component was 70.25%, the process component was 83.5%, and the product component was effectively with a total of 64.33%. Thus, it can be concluded that The Effectiveness of the Advanced Literacy Program through a Local Wisdom Approach at PKBM Karoko Mas, Nanga Wera Village, Wera District, Bima in Year 2022 has been running in an effective category.

Key Words: Advanced Literacy Education, Program Through Local Wisdom Approach.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Efektifitas Program Pendidikan Keaksaraan  Lanjutan  Melalui Pendekatan Kearifan Lokal  di PKBM Karoko Mas Desa Nanga Wera, Kec Wera Kabupaten Bima 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana Efektifitas Program Pendidikan Keaksaraan Lanjutan Melalui Pendekatan Kearifan Lokal  di PKBM Karoko Mas Desa Nanga Wera, Kec Wera Kabupaten Bima 2022. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif, adapun model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi model CIPP (context, input, process, dan product) dengan populasi sebanyak 20 orang warga belajar yang mengikuti proses pembelajaran Keaksaraan Lanjutan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket sebagai  metode utama,observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan teknis analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan rumus presentase. Jawaban responden setelah di analisis kemudian di interpretasikan melalui table interpretasi untuk mendapatkan nilai efektivitas program. Hasil penelitian ini menyatakan untuk keempat komponen efektivitas program mendapat nilai sangat efektif dengan nilai presentase yang berbeda diantara keempat komponen tersebut. Komponen context sebesar 82%, komponen input sebesar 70.25%, komponen process 83.5%, dan komponen product berjalan efektif dengan jumlah 64.33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Penyelenggaraan Program Pendidikan Keaksaraan  Lanjutan  Melalui Pendekatan Kearifan Lokal  di PKBM Karoko Mas Desa Nanga Wera, Kec Wera Kabupaten Bima 2022 telah berjalan dengan kategori efektif.

Kata Kunci: Program Pendidikan Keaksaraan, Pendekatan Kearifan Lokal

 


Full Text:

PDF

References


UUD NO.20 (2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.jakarta:Kementerian Pendidikan Indonesia.

M. Bagus Gunawan (2013: 76) program keaksaraan adalah:

Pelaksanaan program keaksaraan tidak diartikan sebagai kegiatan pendidikan yang memberikan kemampuan baca, tulis, hitung saja, Lebih dari itu.Jakarta:Bumi Aksara

Napitupulu, W. P. (1999). Pendidikan dasar untuk pemberdayaan orang miskin.Diterjemahkan oleh Prem L. Kasaju dan C. Seshadri. Jakarta: UNESCO dan Ditjen Diklusepora Depdiknas.

Sihombing, Toguan. 2000. Budidaya Tanaman Pinang. Jakarta : Penebar Swadaya.

Suharsimi. (2006:51). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sulaiman (2010: 78) pengetahuan lokal secara lebih detail sebagai pengetahuan yang dibangun oleh kelompok komunitas secara turun temurun terkait hubungannya dengan alam dan sumberdaya alam. Bandung:Alfabeta

(Sukmadinata, 2015: 120). suatu desain dan prosedur evaluasi dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara sistematis untuk menentukan nilai atau manfaat (worth) dari suatu praktik pendidikan . Bandung:Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.6913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.