Pengaruh Pelatihan Tata Boga Terhadap Sikap Berwirausaha Warga Belajar di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016.

ni nyoman trisna utariyani, Muhammad Arif Rizka, Maskun Maskun

Abstract


Kondisi ekonomi masyarakat yang masih kuarang seperti minimnya keterampilan khususnya
yang dimiliki masyarakat, serta rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat dalam bidang tata boga
yang bisa dijadikan bekal untuk berwirausaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana Pengaruh Pelatihan Tata Boga Terhadap Sikap Berwirausaha Warga Belajar di SKB
(Sanggar Kegitan Belajar) Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016. Tujuan penelitian tujuan yang
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahaui bagaimanakah pengaruh pelatihan tata boga
terhadap sikap berwirausaha warga belajar di SKB Gerung Kabupaten Lombok Barat. Tujuan yang
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah Pengaruh Pelatihan Tata Boga
Terhadap Sikap Berwirausaha Warga Belajar di SKB Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket sebagai metode pertama dan
dokumentasi metode pelengkap. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah Chi Kuadrat.
Hasil dari penelitian adalah berdasarkan analisa nilai signifikansi 9.866>9.488 maka Ho ditolak dan Ha
diterima, yang berarti ada pengaruh yang positif program pelatihan tata boga terhadap sikap
berwirausaha warga belajar di SKB Gerung Kabupaten Lombok Barat 2016 artinya hasil penelitian ini
adalah “signifikan”.
Kata kunci: Pengaruh, Pelatihan Tata boga, Sikap Berwirausaha


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dewi, Yuliani,kusuma.2015.

Pembedayaan Masyarakat

Berbasis Kewirausahaan

Melalui Program Pelatihan

Pengelolaan Rumput Laut

Di Pusat Pelatihan Mandiri

Kelautan Dan Perikanan

(P2MKP) Askot. Skripsi.

Ikip Mataram

Hamalik, Oemar.2007. Manajemen

Pelatihan Ketenagakerjaan

Pendekatan Terpadu

Pengembangan Sumber

Daya Manusia. Jakarta : PT.

Bumi Aksara

http://ditaismaini.wordpress.com/20

/12/08/pengertiandasar-

tata-boga/ diakses

-01-2016 jam 12:54

http://www.definisipengertian.

com/2015/06/defi

nisi-atau-pengertianpelatihan.

html, diakses

tanggal 14 februari 2016 jam

:00)

Kasmir.2013. Kewirausahaan. Jakarta

: Rajawali Pers

Kusuma, Yuliani,Dewi.2015.

Pembedayaan Masyarakat

Berbasis Kewirausahaan

Melalui Program Pelatihan

Pengelolaan Rumput Laut

Di Pusat Pelatihan Mandiri

Kelautan Dan Perikanan

(P2MKP) Askot. Skripsi.

Ikip Mataram

Mathis, Robet, L Dan John, H.

Jackson.2002. Manajemen

Sumber Daya Manusia.

Jakarta : Salemba Empat.

Marzuk,i Saleh.2010. Pendidikan

Nonformal. Bandung : PT.

Remaja Rosdakarya

Sarwono, Jonathan.2013.Jurus Ampuh

SPSS untuk Riset Skripsi.

Jakarta :PT. Elex Media

Komputindo

Sugiyono.2013. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung :

Alfabeta

Sugiyono.2015. Metode Penelitian

Dan Pengembangan

Research Dan Development.

Bandung : Alfabeta

Supriadi, L. Harianto.2015. Sikap

Wirausaha Pengerajin

Songket Di Dusun Sade

Kabupaten Lombok Tengah

Skripsi. Ikip Mataram

Suprijanto.2005. Pendidikan Orang

Dewasa. Banjarbaru : PT.

Bumi Aksara

Suparyanto.2013. Kewirausahaan

Konsep Dan Realita Pada

Usaha kecil. Bandung :

Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. 2008. Belajar

Mudah SPSS untuk

Penelitian. Yogyakarta:

Penerbit Global Media

Informasi.

Tim Ikip Mataram.2011. Pedoman

Pembimbingan Dan

Penulisan Karya Ilmiah,

Mataram : ikip mataram.

Wirnarno, EDY. 2015. Panduan Dasar

SPSS. Jakarta :PT Elex Media

Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v3i1.657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.