PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK KELOMPOK B DI TK DARUTTAQWA SRIGANGGA KELURAHAN TIWUGALIH KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Ratna Fitriani Sari, Kholisus Sa'di

Abstract


Abstrak: Rumusan masalah dalam peenelitian ini adalah bagaimana Pengaruh  Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak pada kelompok B di TK Daruttaqwa Srigangga Srigangga Kelurahan Tiwugalih Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2020-202I. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui Pengaruh  Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak pada kelompok B di TK Daruttaqwa Srigangga Kelurahan Tiwugalih Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2020-202I. Metode penentuan subyek penelitian yang dilakukan peneliti adalah dengan menggunakan studi populasi pada kelompok B usia 5-6 Tahun yang berjumlah 25 peserta didik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dan metode pengumpulan data menggunakan observasi sebagai metode pokok , wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test. Dari hasil uji t-test hitung menunjukkan nilai sebesar 2,064 maka berdasarkan taraf segnifikan 5% ternayat besar angka batas penolakan hipotesis nol (Ho) yang dinyatakan dalam t-tabel dostribusi 2,064 kenyataan ini menunjukkan bahwa t-test lebih besar dati t-tabel (4,388>2,064) maka penelitian ini di katakana signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak pada kelompok B di TK Daruttaqwa Srigangga Kelurahan Tiwugalih Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2020-202I.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Alam, Kecerdasan Naturalis.                                                                                                                 



Full Text:

PDF PDF

References


Armstrong. Thomas. 2013. Kecerdasan Multiple di Dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Adi. Wijaya Gunawan. 2012. Born To Be a Genius. Jakarta: Gramedia.

Arikunto. Suharsimi .2006. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta

Bustomi. M Yazid. 2012. Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam terbitan (KDT): Citra Publishing.

Chatib. 2015. Orangtuanya Manusia. Bandung: Kaifa Learning.

Chaerunnisa. 2015, Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Kegiatan Out-Door, , Mangkbumi: Tasikmalaya

Febrina. Vico Kemala. 2018. Strategi Model Metode Pembelajaran Dakam Pelatihan. Bandung: Tesis S1 Teknologi Fakultas Ilmu Pendidikan Bandung.

Kecerdasan Naturalis Anak-Ciri dan Indikator. (https://www. Seputar Pengetahuan.co.id)

Rahmawati. Linda Ekawati. 2018. Upaya Meningkatkan Kecdasan Natualis Anak Usia 5-6 Tahun Kasih ibu, Magelang: S1. Universitas Negeri Semarang.

Septiani. Nifa. 2016. Penylenggaraan Pembelajaran Berbasis Alam Guna Mengembangkan Karakter di PAUD. Ugaran: S1. Universitas Semarang.

Sugiyono. 2013. Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD, Bandung: Alfabeta.Rineka Cipta.

Sunani. 2018. Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Anak Usia Dini di TK Alam AL-AZHA Kutai Kartanegara: Jurnal Ilmiah: vol 3 No 1.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v8i1.5729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.