PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEHNIK KOGNITIF RESTRUCTURING TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK SISWA MA DARUSSHIDDIQIEN NW MERTAK PAOK

Ahmad Zainul Irfan

Abstract


Abstrak: Peneliti bertujuan untuk mengadakan penelitian eksperimen dengan melihat pengaruh layanan konseling kelompok teknik cognitif restructuring terhadapa kecemasan akadmeik siswa MA Darusshiddiqien NW Mertak Paok. Mendeskripsikan proses penelitian, hambatan, serta keseluruhan kejadian yang ada dalam penelitian dan menemukan sebuah tujuan dalam sebuah kegitan penelitian. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan metode eksperimen karena gejala yang akan diteliti dibuat dengan di sengaja yakni pengaruh konseling kognitive restructuring terhadap kecemasan akademik siswa MA Darusshiddiqien NW Mertak Paok. Berdasarkan data analisis nilai t-tes yang diperoleh dalam penelitian ini adalah thitung4,182dengan derajat kebebasan (N-1) = (10-1) = 9. Dalam taraf signifikansi = 5% dan Sderajat kebebasan (Db) pada tabel nilai “t” adalah 2,262. Dengan demikian  nilai thitung yang diperoleh dalam penelitian sebesar 4,356 telah berada diatas angka batas yang besarnya 2,262, atau dengan kata lain bahwa thitung lebih besar dari t tabel4,356>2,262, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan alternatif (Ha) diterima pada taraf signifikan 5% dengan db= 10 dapat dikatakan bahwa Pengaruh Konseling Kelompok Teknikk kognitif Restructuring Terhadap Kecemasan akademik Siswa MA Darusshiddiqien NW Mertak Paok.Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022 artinya hasil penelitian ini,“signifikan”.

Kata Konci : Konseling Kelompok, Teknikk kognitif Restructuring, dan Kecemasan akademik



Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek, Jakarta: PT Rineka cipta

Arikunto, Suharmisi. 2014 Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek. Jakarta:PT Rineka Cipta

Attri, K, A., dan Neelam. 2013. Academic Anxiety and Achievement of Scondary SchoolStudent-A Study on Gender Different. International Jurnal of Behavioral Social and Movement science Vol. 02, 27-33.

Azwar. 2012 Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.s

Bradley T. Erford, 2017. 40 Tehnik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor, Yogyakarta:

Siregar, C. N.2013. “Tingkat Kecemasan Pada Santri Pomdok pesantren”. ChintyaNovalia Siregar, 1 (1): 242-256.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suryabrata, Sumadi. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Utami, L. H., dan Nurjati, L. (2017). Hubungan Self-Efficacy, Belief dan Motivasi Dengan Kecemasan Mahasiswa Dalam Pelajaran Bahasa Inggris Jurnal Ilmiah Psikologi, 4 (2): 219-238.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v8i1.5726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.