UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD HADI SAKTI TAHUN AJARAN 2021/2022”.

M. Chairul Anam

Abstract


Abstrak: Penerapan media yang dipilih guru dalam memberikan suatu materi pelajaran sangat menentukan terhadap keberhasilan proses pembelajaran, keaktifan serta motivasi belajar siswa. Berdasarkan data hasil observasi, hasil belajar siswa kelas IV SD Hadi Sakti terhadap mata pelajaran PPKN masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa kurang temotivasi selama proses pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar siswa karena guru masih menggunakan metode yang monoton seperti metode ceramah. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas ini dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan cooperative learning tipe jigsaw bagi siswa kelas IV SD Hadi Sakti Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase rata- rata aktivitas guru pada siklus I dan II masing-masing sebesar 70 % dan 95 % dengan kategori masing- masing adalah cukup baik dan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model model Pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw Bagi Siswa Kelas IV SD Hadi Sakti Tahun Ajaran 2021/2022 dapat meningkatkan motivasi belajar PPKN.

Kata kunci : cooperative learning tipe jigsa, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bella, M. 2013. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Materi Dampak Kepadatan Penduduk Terhadap Lingkugan Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Skripsi S1 Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses di http://repository.upi.edu/ pada tanggal 09 Oktober 2021

Darmadi, A. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Depdiknas RI 2003. UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Jakarta.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fathurrahman. 2010. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD dalam Pembelajaran PKN. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Jurusan Pendidkan Pra- sekolah dan Sekolah dasar FIP UNY. Diunduh pada tanggan 17 Oktober 2021.(online): http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Fathurrohman,%20S.Pd.,M.Pd/Berpikir%20Kritis.pdf. Diakses pada tanggan 17 Oktober 2021.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jufri, A. W. 2010. Belajar dan Pembelajaran Sains. Mataram: Arga Puji Press.

Julaeha. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Primiani, N. 2009. Upaya meningkatan motivasi belajar siswa model pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw (Student Team Achievement Division) Pada Materi ppkn(Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas -Iv Sdn 1 Penpen Kecamatan Mundukabupaten Cirebon). Diunduh pada tanggal 17 Oktober 2021 dari https:// %3A%2F%2Fmedia.neliti.com%2Fmedia%2Fpublications%2F213459-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada ma.pdf-

Riski, A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sdn 1 Tulusrejo Kecamatan Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Diunduh pada tanggal 17 Oktober 2021 dari https:// %3A%2F%2Frepository.metrouniv.ac.id%2Fid%2Feprint%2F1965%2F1%2FSKRIPSI%2520ANISA%2520RISKI.pdf

Syafi’i, Suryawati dan Ardiyas. 2011. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Biogenesis, Vol. 8, Nomor 1, Juli 2011 (online). Diakses pada tanggal 31 Oktober 2021: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/issue/current.pdf

Yusuf. 2014. Kualitas Proses Dan Hasil belajar PKn Melalui Pengajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Madrasah Aliyah Ponpes Nurul Haramain Lombok Barat NTB. Tesis. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya

Widiasworo, Erwin. (2016). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta :Ar- Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i2.4889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.