MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAN PELAKU KEGIATAN EKONOMI SISWI KELAS X DI MA ANNAJAH SESELE LOMBOK BARAT (PTK)
Abstract
Rendahnya kemampuan siswi kelas X MA Annajah Sesele Lombok Barat T.P 2018/2019 pada materi peran pelaku kegiatan ekonomi menjadi permasalahan utama yang dihadapi guru mata pelajaran ekonomi. Pembelajaran peran pelaku kegiatan ekonomi yang merupakan dasar dari pembelajaran ekonomi perlu untuk menggunakan model pembelajaran yang lebih inovatif dan mampu memacu semangat dan kreativitas siswi sehingga siswi mampu mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Subjek penelitiannya adalah siswi MA Annajah Sesele Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat yang berjumlah 23 siswi, Perlakuan dan rencana percobaan penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Seluruh tahapan yang dilakukan dengan penelitian tindakan kelas ini merupakan tindakan-tindakan yang berbentuk siklus. Dalam penelitian ini ada empat tahapan dalam pelaksanaannya, yaitu: Rencana tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar peran pelaku ekonomi. Hal ini terbukti pada siswi kelas X MA Annajah Sesele Lombok Barat pada siklus I perolehan nilai rata-rata ketuntasan sebesar 78% dan pembelajaran pada siklus II, siswi kelas X memperoleh rata-rata nilai sebesar 83,6%.
Kata Kunci: Model Mind Mapping, Hasil Belajar, Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Aksara
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=702661
http://www.ras-eko.com/2011/05/model-pembelajaran-mind-mapping.html
https://illumena.co.uk
https://images.search.yahoo.com/search/images;_ylt=Awr9Dtd7R6phpRAAvx1XNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3BpdnM-?p=gambar+mind+mapping&fr2=piv-web&type=E210US91215G0&fr=mcafee#id=27&iurl=http%3A%2F%2Fwww.caramudahbelajarbahasainggris.net%2Fwp-content%2Fuploads%2F2015%2F07%2Fmind-mapping.jpg&action=click
Kasihani, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Universitas Negeri Malang.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v5i2.4513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.