PENGARUH PENERAPAN KONSELING REALITA TERHADAP KEJUJURAN PADA SISWA DI SMP NEGERI 10 MATARAM

Wiwiek Zainar Zainar Sri

Abstract


Abstract: Reality counseling is very important for students in the school, because the reality therapy approach is based on the assumption of the existence of a psychological and physiological needs of the whole of human life as the goal of life is life with the identity of individuals achieve success. Honesty is agreement in saying to others without exaggerating or without reducing the sentence to be delivered. The purpose of this study was to determine Is to know the Effect of application reality counseling against Honesty Students of SMPN 10 Mataram, Central of Java. Data collection methods used in this study a questionnaire as the principal method, whereas the method of interview, observation and documentation as complementary method. Analysis of the data used t test analysis. Based on the results of data analysis with significance level of 5% of the obtained results of research that t-count value is greater than the value of the t-table (4.816> 2.042) and this fact shows that the t-count value obtained is significant. It can be concluded that the reality counseling has effect against honesty students of  SMPN 10 Mataram.

 

Abstrak: Konseling Realita sangat penting bagi siswa di sekolah, karena terapi realita adalah pendekatan yang didasarkan pada anggapan  tentang adanya suatu kebutuhan psikologis dan fisiologis pada seluruh kehidupan manusia sebagai  tujuan hidup yaitu  individu mencapai kehidupan dengan identitas berhasil. Kejujuran adalah kesesuaian dalam berkata kepada orang lain tanpa melebih-lebihkan atau tanpa mengurangi kalimat yang harus disampaikan. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah : Apakah Ada Pengaruh Penerapan konseling Realita Terhadap Kejujuran Pada Siswa SMPN 10 Mataram? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Penerapan konseling Realita Terhadap Kejujuran Pada Siswa di SMPN 10 Mataram. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok, sedangkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data yang digunakan analisis t test.  Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (4,816 > 2,042) dan dengan kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung yang diperoleh adalah Signifikan. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ada Pengaruh Penerapan Konseling Realita Terhadap Kejujuran Pada Siswa di SMPN 10 Mataram

 

Kata Kunci: Konseling Behavioristik dan Sikap Mandiri


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

----------- , 2010. Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Corey, G. 20013. Teori Dan Praktik Konseling & Psikoterapi. PT Refika Aditama : Bandung

Gantina. Komalasari, 2011. Teori Dan Teknik Konseling. PT Indeks : Jakarta.

http://kebunhidayah.wordpress.com/2011/09/13/membiasakan-dan-menanamkan-sifat-kejujuran/. Diakses 12 Desember 2014, jam 12.00.

http//:kejujuran_Riesdha’s stories.html, diakses tanggal 12 Desember 2014

Http// Penerapan- Konseling- Realita- Untuk- Meningkatkan- Motivasi- Belajar- Siswa. Diakses 30 November 2014, jam 15.00.

Slameto, 2003. Belajar dan faktor-faktor Yang Mempengaruhi. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta : Bandung.

Syukur. (2011). Terapi Kejujuran. Bekasi-Jawa Barat: Al Magfiroh.

Tim Penyusun Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. 2011. Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah. IKIP Mataram.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i1.4071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.