EFEKTIVITAS PEMBERIAN KEGIATAN RAMADHAN DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN DAN JUJUR PADA SISWA KELAS 1 MI AL-FALAH
Abstract
Abstrak: Anak sekolah dasar termasuk dalam kategori perkembangan kognitif piaget yaitu rasional konkrit yaitu anak sudah dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk serta dapat berfikir secara abstrak, sehingga sangatlah perlu mengasah eragai kemampuan yang dimiliki oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pemberian tugas bagi anak kelas 1 sekolah dasar dalam menanamkan sikap disiplin dan jujur, adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh melaui wawancara , observasi dan dokumentasi, sedangkan analisa data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pemberian tugas ramadan ini dapat tercapai dengan baik, hal ini tidak luput dari kerjasama antara orang tua dan guru. Dalam menerapkan kedisiplinan juga terdapat beberapa teknik yang dilakukan yaitu melakukan pengawasan oleh guru dan orang tua, menerapkan ketenangan dan memberikan model yang baik bagi anak dan memberikan pujian jika anak dapat menjalankan semua tugas.
Kata kunci: Tugas Ramadan , Disiplin Dan Kejujuran
Abstract: Elementary school children in Piaget's cognitive development category, namely concrete oprational, that is, children are able to distinguish between good and bad and think abstractly, so it is necessary to hone the various abilities possessed by children. This study aims to determine the effectiveness of giving assignments to grade 1 elementary school in instilling discipline and honesty, the research method used is descriptive qualitative research with data sources obtained through interviews, observation and documentation. Data analysis uses triangulation. The results of the study show that the assignment of this Ramadan task can be achieved well, this cannot be separated from the cooperation between parents and teachers. In applying discipline there are also several techniques that are carried out, namely carrying out supervision by teachers and parents, applying calm and providing good models for children and giving praise if children can carry out all tasks.
Keywords: Ramadan tasks, discipline and honesty
Full Text:
PDFReferences
Atmodiwirjo, Subagio, 2000, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT Ardadizya Jaya
Depdiknas .2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta ; Balai Pustaka
Donna L. Wong. et all. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pedriatik. Cetakan pertama. Jakarta : EGC.
Dr. Rosmini 2011 , Disiplin Pada Anak. Direktorat pembinaaan anak usia dini
Kusmiyati, Dewi. 2013 Nilai kejujuran dalam Prespektif Mahasiswa. (m.kompasiana.com/post/read/585242/2/nilai-kejujuran-dalam prespektifmahasiswa.html)
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka
Puspita, Ita. 2013 Pendidikan Karakter Jujur Di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semaran. Tesis: IAIN Walisongo Semarang.
Stanley, Thomas J. 2015, The Millionaire mind , Jakarta : penerjemah, Rudi G. Aswan
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i1.4066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.