HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN SIKAP EGOIS PADA SISWA
Abstract
Abstrak: Setiap orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, orang tua mendidik anak atas dasar kasih sayang, tapi kebanyakan orang tua hanya mementingkan kemauan diri sendiri saja, dan mengabaikan kemauan anaknya tanpa mengetahui karakter anak. Hal seperti ini akan berdampak negatif bagi perkembangan anak. Seperti pola asuh otoriter yang diterapkan oleh orang tua, yang dimana setiap keinginan orang tua harus dipenuhi oleh anak, dan apabila anak melanggar atau melawan orang tua tidak segan-segan untuk menghukum anak dengan cara memukul, sehingga anak akan terluka secara fisik dan psikisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan sikap egois pada siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram yang berjumlah 134 siswa. sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian dari seluruh jumlah siswa kelas VIII yaitu 33 siswa, dengan sampel 33 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik product moment. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, diketahui nilai sebesar 0,347. Selanjutnya, nilai tersebut di konsultasikan dengan nilai product moment pada taraf signifikansi 5% dengan N=33, maka di peroleh nilai product moment sebesar 0,344. Kenyataan tersebut, menunjukkan bahwa nilai lebih besar dari nilai product moment atau 0,347>0,344. Dengan demikian, hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan signifikan. Dan dengan demikian, hipotesis nihil ( ) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan hasil pengujian signifikasi di atas maka kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Sikap Egois Siswa Di SMP Negeri 13 Mataram yang tergolong dalam kategori rendah.
Kata Kunci: Pola Asuh Otoriter, Sikap Egois Pada Siswa
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. 2016. Evaluasi Pemberantasan Buta Aksara Pendekatan Goal Oriented Model Robert L. Hammond. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Anisah, Siti Ani. 2011. Pola Asuh orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Universitas Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol 05, No. 01 (Diakses 15 Maret 2018).
Arikunto, suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
________________. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arifin, Bambang Syamsu. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: Team redaksi pustaka setia.
Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Pedoman Pembimbingan dan Karya Ilmiah, 2011. Pedoman Pembimbingan Dan Penulis Karya Ilmiah, IKIP Mataram
Muri, Yusuf. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v6i2.3316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.