KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING)
Abstract
Abstrak: Artikel ini memberikan gambaran tentang upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk dapat menjaga keberlangsungan proses pembelajaaran dimasa pandemi covid-19. Kemitraan sekolah dengan orang tua menjadi salah satu strategi penting dalam mendukung proses yang dilakukan. Sekolah dan orang tua memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan dirumah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) bentuk kemitraan sekolah-orang tua dalam pembelajaran daring yaitu dengan mengadakan pertemuan guru dan orang tua, membentuk group-group orang tua siswa serta mengoptimalkan peran guru dalam pembelajaran. 2) faktor pendukung kemitraan yaitu komitmen bersama sekolah dan orang tua, komitmen orang tua menyiapkan fasilitas pebelajaran, dan tersedianya jaringan internet. Sedangkan faktor penghambat kemitraan sekolah-orang tua dalam pembelajaran darin yaitu keterbatasan kemampuan guru, siswa dan orang tua dalam mengoperasikan aplikasi pembelajaran daring, keterbatasan kemampuan orang tua menyediakan fasilitas pembelajaran, dan motivasi siswa yang cendrung kurang dalam mengikuti pembelajaran.
Kata kunci: kemitraan sekolah, pembelajaran daring, pandemi covid-19
Full Text:
PDFReferences
Attri, A. K. 2012. “Distance Education: Problems and Solutions.” International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences 1(4): 42–58.
Greenfield, D.B. (2003) Parent Involvment Projrct. http://www.psy.miami.edu/faculty/dgrendfield/research/parent_involvment.htm
Harvard Family Research Project, 2002. Family and School Together: Building Organizational Capacity for Family School Partnership. Harvard College.
https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/view&id=249900170. Diakses pada 23 September 2020
Krismanda, M. A. dkk. (2017). Pengembangan Model Kemitraan Sekolah dengan Orang Tua Melalui Media Sosial dalam Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Sekolah Menengah Swasta. Kelola; Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 4, No. 2, Juli – Desember 2017
Pratiwi, D.N. 2016. Kemitraan Sekolah dan Orang Tua dalam Penanaman Disiplin Ibadah Siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol.XIII. No. 2. Desember 2016.
Wardani, T.Z.Y & Krisnani, H. 2020. Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 7, No. 1 Hal: 48-59. April 2020
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v6i2.3311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.