Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa

Farida Fitriani, Baiq Desi Arfini

Abstract


Abstract: In recent years, AI has played an increasingly important role in various fields, especially in education. Artificial intelligence is not only a technical tool but also a social transformer that impacts interactions within the academic environment. The purpose of this study is to examine the utilization of Artificial Intelligence to enhance students' literacy skills. The method used is descriptive qualitative, with data collection techniques including interviews, observations, and questionnaires as supporting data. Data analysis involves identifying findings emerging from the collected data. The analysis is conducted using a qualitative approach with a case study method. This method allows the researcher to understand how AI is used, the benefits experienced, and the challenges faced by students, while also providing relevant recommendations for developing AI-based education. The results of this study can be seen from three aspects: academic literacy, which refers to an individual's capacity to access, understand, analyze, and utilize information in an academic setting, with 75% of students agreeing that they are capable of mastering AI. Next, digital literacy scored 79%, indicating that students feel confident using AI to complete their coursework. Finally, the challenges faced by students scored 84%, with respondents acknowledging or strongly agreeing that these challenges exist and have not yet been resolved. Therefore, students feel the need for guidance from lecturers to ensure that AI usage remains appropriate and ethical.

Key Words: Academic literacy, digital literacy, artificial intelligence (AI)

Abstrak: Beberapa tahun terakhir ini, AI memainkan peran yang lebih penting diberbagai bidang, khususnya di dunia pendidikan, kecerdasan buatan bukan hanya merupakan alat bantu teknis, tetapi sebagai pengubah sosial yang berdampak pada interaksi di lingkungan akademik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan Artificial Intelligence untuk meningkatkan kemampuan Literasi Mahasiswa. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan kuesioner sebagai data pendukung. Analisis data mencakup pengidentifikasi temuan yang muncul dari data yang diperoleh. Analisis dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode ini memungkinkan peneliti memahami AI digunakan, manfaat yang dirasakan, serta tantangan yang dihadapi mahasiswa, sekaligus memberikan rekomendasi yang relevan untuk mengembangkan pendidikan berbasis AI. Adapun hasil penelitian ini dapat dilihat dari tiga aspek yaitu literasi akademik yang mengacu pada kapasitas individu untuk menjangkau, memahami, menganalisis, dan memanfaatkan informasi dalam lingkungan akademik dengan skor 75% mahasiswa (setuju) yang berarti mampu menguasai AI. Selanjutnya literasi digital memperoleh skor 79% yang menandakan bahwa dengan menggunakan AI dalam menyelesaikan tugas perkuliahan, mahasiswa merasa percaya diri. Selanjutnya tantangan yang dihadapi mahasiswa mendapat skor 84% yang mana responden mengakui atau sangat setuju dengan adanya tantangan yang dihadapi dan belum dapat solusi. Oleh karena itu, mahasiswa merasa perlu bimbingan dari dosen agar penggunana AI tetap tepat dan etis.

Kata Kunci: Lliterasi akademik, literasi digital, Kecerdasan buatan


Full Text:

PDF

References


Abbas, A. 2023. “Analisis Survey Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Penulisan Tugas Akhir Karya Tulis Ilmiah (TA-KTI) Di Kampus Akademi Ilmu Komputer (AIKOM) Ternate ….” Prosiding Seminar Nasional.

Agusnaya, Nurrahmah, and Putri Nirmala. 2024. “Skala Literasi AI Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Dalam Konteks Pendidikan Level Perguruan Tinggi Di Era Digital.” Journal of Vocational, Informatics and Computer Education 2(2):103–16. doi: 10.61220/voice.v2i2.20243.

Baskoro, Dhama Gustiar. 2022. “Persepsi Kemampuan Literasi Informasi Di Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah.” Jurnal FPPTI 1(1):32–41. doi: 10.59239/jfppti.v1i1.18.

Kesuma, Dorie Pandora, and Lisa Amelia Fransen. 2025. “Implementasi Instrumen MAILS ( Meta AI Literacy Scale ) Untuk Pengukuran Tingkat Literasi AI Pada Mahasiswa Ilmu Komputer.” 3(1):25–36.

Lase, Apriliana, Feriel Amelia Sembiring, Marlius Buulolo, and Nova Elisah Simbolon. 2025. “Perspektif Sosiologi Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh 6. doi: 10.29103/jspm.v%vi%i.19864.

Muaddyl Akhyar, Supratman Zakir, Ramadhoni Aulia Gusli, and Rahmad Fuad. 2023. “Pemanfaatan Artificial Intelligence (Ai) Perflexity Ai Dalam Penulisan Tugas Mahasiswa Pascasarjana.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education 4(2):219–28. doi: 10.32832/itjmie.v4i2.15435.

Nadin, Ardhia, Patresia Panggabean, Fitria Wulandari, and Natalia Margaret. 2025. “Literasi AI Di Kalangan Mahasiswa : Studi Multi-Kampus Di Indonesia.” 3(1):373–77.

Nasution, Zainuddin, and Ayu Nurul Amalia. 2024. “Teknologi Artificial Intelligence ( AI ) Dan Literasi Digital Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran.” 28:113–18.

Pranatawijaya, Viktor Handrianus, Widiatry Widiatry, Ressa Priskila, and Putu Bagus Adidyana Anugrah Putra. 2019. “Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online.” Jurnal Sains Dan Informatika 5(2):128–37. doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

Rahayu, Septri. 2023. “Pemanfaatan Artificial Intelligence ( Ai ) Dalam Penulisan Artikel Ilmiah.” Communnity Development Journal 4(4):9318–22.

Siagian, Amanda Nurhayati, Chintia Utami, Putri Febriani, Zaini Tia, Rizki Munte, Muhammad Anggie, and Januarsyah Daulay. 2025. “Optimalisasi Pemanfaatan AI Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Medan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 9:9180–92.

Siar, Mica, Meiriza Graciela, Br Sembiring, Melody Sitorus, and Vidia Wardana. 2024. “Pengaruh Penggunaan AI Terhadap Minat Belajar Di Kalangan Mahasiswa : Studi Kasus Pada Generasi Z.” 1(2):319–27.

Utari, Herliana;, Abu Yazid Adnan, and Arobi; Ibnul Arobi. 2024. “Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Terhadap Kecerdasan Intelektual Mahasiswa PAI Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo.” Jurnal Simki Pedagogia 7(1):152–64. doi: 10.29407/jsp.v7i1.574.

Waruwu, Marinu. 2024. “Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan Dan Peran Di Bidang Pendidikan.” Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 5(2):198–211. doi: 10.59698/afeksi.v5i2.236.

Zega, Tamara Oktafiani, and Abdul Karim Batubara. 2024. “Pengaruh Artificial Intelligence (AI) Terhadap Digital Literasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Angkatan 2021 UIN Sumatera Utara, Medan.” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 6(6):3371–90. doi: 10.47476/reslaj.v6i6.2838.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v11i1.16739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

           

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.