Pengaruh Media Interaktif PowerPoint dan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini

Mila Faila Shofa, Umi Mahmudah

Abstract


Abstract: The problem in this study is the lack of learning media in early childhood and the low recognition of letters that make early childhood difficult in language skills. The language discussed includes pre-reading and pre-writing. The purpose of this research is to find out: 1) language skills in early childhood in Islamic Kindergarten Al-Anis Ngemplak Kartasura through the use of interactive media powerpoint, 2) language skills in early childhood in Islamic Kindergarten Al-Anis Ngemplak Kartasura through the use of Flash Card media, 3) the difference in the effect of language skills in the use of interactive media powerpoint and flash card media in early childhood in Islamic Kindergarten Al-Anis Ngemplak Kartasura. This research is a quantitative research conducted at Al-Anis Islamic Kindergarten Ngemplak Kartasura which is located at Jl. Jiwan, Ngemplak, Kartasura, Sukoharjo, Central Java, RT. 02, RW. 06 Postal Code 57169. This study used a population of 35 students and a sample of 32 students. Sampling using random sampling technique. Data collection techniques using test techniques. The type of test used is a performance test. The questions used were 8 items, of which 4 questions to test pre-reading skills and 4 other questions to test pre-writing skills. Test the validity of language skills in early childhood using expert validity. Data analysis techniques used unit analysis, prerequisite tests, and hypothesis testing. The results prove that the power point interactive media gets an average of 24 with a percentage of 43,75% including the high category. Flash Card media gets an average of 18 with a percentage of 31,25% including the high category. The results of statistical calculations with the independent sample t test formula, the results showed that the t value was 2,716 while the t table at the 5% significance level was 2,5527. This shows that there are differences in the influence of language skills in the use of interactive power point media and flash card media in early childhood at Al-Anis Islamic Kindergarten Ngemplak Kartasura.

Key Words: PowerPoint Interactive Media, Flash Card Media, Language.

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini yaitu minimnya media pembelajaran pada anak usia dini dan rendahnya pengenalan huruf yang membuat anak usia dini kesulitan dalam kemampuan bahasa. Bahasa yang dibahas mencakup pramembaca dan pramenulis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) kemampuan bahasa pada anak usia dini di TK Islam Al-Anis Ngemplak Kartasura melalui penggunaan media interaktif powerpoint, 2) kemampuan bahasa pada anak usia dini di TK Islam Al-Anis Ngemplak Kartasura melalui penggunaan media Flash Card, 3) perbedaan pengaruh kemampuan bahasa dalam penggunaan media interaktif powerpoint dan media flash card pada anak usia dini di TK Islam Al-Anis Ngemplak Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di TK Islam Al-Anis Ngemplak Kartasura yang beralamat di Jl. Jiwan, Ngemplak, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, RT. 02, RW. 06 Kode Pos 57169. Penelitian ini menggunakan populasi 35 siswa dan sampel sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Jenis tes yang digunakan adalah tes unjuk kerja. Soal yang digunakan sebanyak 8 butir, dimana 4 soal untuk mengetes kemampuan pada pramembaca dan 4 soal lainnya untuk mengetes kemampuan pada pramenulis. Uji validitas kemampuan bahasa pada anak usia dini menggunakan validitas ahli. Teknik analisis data menggunakan analisis unit, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa media interaktif powerpoint mendapat rata-rata 24 dengan presentase 43, 75% termasuk kategori tinggi. Media Flash Card mendapat rata-rata 18 dengan presentase 31,25% termasuk kategori tingi. Hasil perhitungan statistik dengan rumus t-test independent sample, maka diperoleh hasil bahwa nilai   2,716 sedangkan   pada taraf signifikasi 5% adalah 2,5527. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh kemampuan bahasa dalam penggunaan media interaktif powerpoint dan media flash card pada anak usia dini di TK Islam Al-Anis Ngemplak Kartasura.

Kata Kunci: Media Interaktif PowerPoint, Media Flash Card, Bahasa.



Full Text:

PDF

References


Angkarini, Tri. 2022. “Utilizing Interactive Powerpoint To Develop Students‘ Speaking Skils In New Normal.” 2(2). http://www.e-aje.net/images/dosyalar/aje_2019_2_6.pdf.

Ardhyantama, Vit, and Chusna Apriyanti. 2020. Perkembangan Bahasa Anak. Cetakan 1. Yogyakarta: Stiletto Indie Book.

Aziza, One Maoera, and Cici Yulia. 2022. “Efektifitas Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pemahaman Kemandirian Belajar Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4): 6003–14.

Darsih, Darsih, and Risdianto Hermawan. 2022. “Penggunaan Media Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Di TK MNU 25 At-Taqwa Jatinegara.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3): 1098–1103.

Febiola, Silvia, and Yulsyofriend. 2020. “Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(2): 1026–36. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/566.

Firdaus. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Version 26.0. ed. Faza’ur Ravida. Riau: DOTPLUS.

Kamil, Popo Musthofa. 2018. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso.” Bioedusiana 3(2): 64–68.

Lestari, Sudarsri. 2018. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2): 94–100.

Munawaroh, Hidayatu, Afifah Eka Yulia Widiyani, and Rifqi Muntaqo. 2021. “Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta Pada Anak Usia 4-6 Tahun.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1164–72.

Niswati, Za’imatun, and Fanisya Alva Mustika. 2020. “Pembuatan Dan Pelatihan Media Interaktif Mengenal Bentuk Pada TK Fatahillah.” 03(04): 414–20.

Nizrina, Elena Himma, Isti Rusdiyani, and Fadlullah. 2022. “Efektivitas Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2): 193–208.

Pradana, Rosananda Arnas, and Agus Budi Santosa. 2020. “Studi Literatur Media Pembelajaran Flash Card Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio Dan Televisi.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 09(03): 575–83.

Saputra, Pebiana, and Semara Putra. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Hannafin and Peck Pada Muatan IPA Kelas IV.” Mimbar Ilmu 26(1): 88.

Tulung, Jeane Marie et al. 2022. “Penggunaan Media Bervariasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dosen Prodi PAK Institut Agama Kristen Negeri Manado 45Mahasiswa Prodi PAK Institut Agama Kristen Negeri Manado.” 8(April): 179–83.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v11i1.15095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

           

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.