Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Mengenal Huruf Abjad di PAUD Cerdas Ceria Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Serang
Abstract
Abstract: Letter recognition is a skill that children must master, because it will later affect their language skills. This study was used to determine the use of the singing method to improve letter recognition skills in early childhood education. Early childhood education is an important stage in child development known as the golden age. At this stage, children experience rapid growth and prefer fun activities, including playing. Play-based learning and social interaction are considered effective in facilitating the acquisition of various skills, including the introduction of letters of the alphabet which are the basis for reading and writing skills. This study analyzes the implementation of the singing method to introduce letters of the alphabet at PAUD Pintar Ceria, Serang Regency. This method is designed to create an interactive and fun learning atmosphere so as to improve children's memory, involvement, and social skills. The results of this study through direct observation showed that 90% of children actively participated and showed joy during learning. The singing method not only helps letter recognition, but also supports children's motor skills, emotions and creativity. Although there are challenges such as differences in children's abilities and time constraints, the benefits of this method in creating a positive learning environment make it an effective choice for children's education.
Key Words: Recognizing Letters, Singing Method
Abstrak: Pengenalan huruf merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai oleh anak, karena nantinya akan mempengaruhi kemampuan berbahasanya. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi untuk meningkatkan keterampilan pengenalan huruf pada pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini merupakan tahapan penting dalam tumbuh kembang anak yang dikenal dengan masa emas (golden year). Pada tahap ini, anak mengalami pertumbuhan pesat dan lebih menyukai aktivitas yang menyenangkan, termasuk bermain. Pembelajaran berbasis bermain dan interaksi sosial dinilai efektif dalam memfasilitasi perolehan berbagai keterampilan, termasuk pengenalan huruf-huruf abjad yang menjadi dasar keterampilan membaca dan menulis. Penelitian ini menganalisis implementasi Metode bernyanyi untuk mengenalkan huruf abjad di PAUD Pintar Ceria Kabupaten Serang. Metode ini dirancang untuk menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan sehingga meningkatkan daya ingat, keterlibatan, dan keterampilan sosial anak. Hasil penelitian ini melalui observasi langsung diketahui 90% anak berpartisipasi aktif dan menunjukkan kegembiraan selama pembelajaran. Metode bernyanyi tidak hanya membantu pengenalan huruf, tetapi juga menunjang motorik, emosional dan kreativitas anak-anak. Meski terdapat tantangan seperti perbedaan kemampuan anak dan keterbatasan waktu, namun manfaat metode ini dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif menjadikannya pilihan yang efektif untuk pendidikan anak.
Kata Kunci: Mengenal Huruf, Metode Bernyanyi
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Menggunakan Metode Bernyanyi di TK Al-Ikhlas. Al-Abyadh, 4(1), 42-49
Alfiani, Y., & Rukhiyah, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 5-7 Tahun di TK Kharisma Global School Kec. Panunggangan Barat Kab. Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 44-53.
Ambarwati, W. D. (2023). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Dharmawanita Wringinanom melalui Metode Bernyanyi. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 166-179.
Astutik, S. (2013). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Pada anak Kelompok A Di Tk Among Putra Surabaya. PAUD Teratai, 2(1).
Direktorat PAUD .(2010) Seri panduan PAUD: Main Keaksaraan, Jakarta: Pusat : Direktorat PAUD Jurnal Warna, 2(2), 15–28.
Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan pendidikan seksualitas untuk anak usia dini melalui metode bernyanyi. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 8(2), 11-19.
Fitri, R., & Suharyani, S. (2023). Efektivitas Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Literasi Membaca Anak Usia Dini Kelompok B di KB Pijar Beriman Kelurahan Dasan Agung Baru. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 198 - 204. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8787
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun.
Putra, B., & Sa'di, K. (2023). Peran Taman Pendidikan Al-Quran Hidayaturrasyidin Dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 167 - 178. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8788
Sari, Ningsih, & Hennyati. (2018). Kekerasan Seksual Pada Anak Di Kabupaten Karawang. Jurnal Bidan. 4(2).
Siregar, H., Darmawan, D., & Kusumawardani, R. (2021). Identifikasi Pembiasaan Membaca Anak Usia Dini Oleh Orang Tua di Kelurahan Kasemen. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 6(2).
Triatnasari, V. (2017). Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III B Min 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Warsa, S. Y., Laiya, S. W., & Djuko, R. U. (2022). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(2), 739-748.
Wiyani, N. A., 2016. Konsep Dasar PAUD. Gava Media, hal 154
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v11i1.14342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.