Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan Basic Virtual Training dalam Meningkatkan Kompetensi Agen Asuransi pada Perusahaan BRI Life Jakarta

Rizal Al Faqih, Ahmad Al Fauzi, Ahmad Rizaldi

Abstract


Abstract: Training is an essential strategy for companies to enhance employee competence. The Basic Virtual Training (BVT) program is designed by the Agency Development Department at BRI Life to prepare new insurance agents with knowledge and skills related to insurance and marketing. This study aims to evaluate the implementation of BVT, including the challenges encountered and the solutions applied. The research employs a descriptive qualitative method, with data collected through observation, interviews, and documentation. The research subjects include program implementers, training participants, and other relevant parties. Data analysis is conducted thematically to understand patterns and challenges in the training's implementation. The results of the study show that BVT is conducted online over two weeks, with three sessions per week, each batch lasting two days. The topics covered include company profile, insurance products, and negotiation skills. Challenges faced include technological limitations, varying levels of understanding among participants, and the limited duration of the training. Solutions include providing technical guides, using visual materials, adjusting the content, and utilizing interactive technologies such as polling and breakout rooms.

Key Words: Human Resource Training, Competency Development, Insurance Agent


Abstrak: Pelatihan adalah strategi penting bagi perusahaan untuk meningkatkan kompetensi karyawan. Basic Virtual Training (BVT) dirancang oleh Departemen Agen Development di BRI Life untuk mempersiapkan agen asuransi baru dengan pengetahuan dan keterampilan tentang asuransi dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan BVT, termasuk kendala dan solusi yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan pelaksana program, peserta pelatihan, dan pihak terkait lainnya. Analisis data dilakukan secara tematik untuk memahami pola dan kendala dalam pelaksanaan pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan BVT dilaksanakan secara daring selama dua minggu dengan tiga sesi per minggu, masing-masing batch berdurasi dua hari. Materi yang diajarkan meliputi profil perusahaan, produk asuransi, dan keterampilan negosiasi. Kendala meliputi keterbatasan teknologi, variasi pemahaman peserta, dan durasi pelatihan yang terbatas. Solusi mencakup penyediaan panduan teknis, materi visual, penyesuaian materi, dan penggunaan teknologi interaktif seperti polling dan breakout room.

Kata Kunci: Pelatihan SDM, Pengembangan, Kompetensi, Agen Asuransi



Full Text:

PDF

References


Ahdaniah, F., Hoerniasih, N., & Dewi, R. S. (2022). Pelatihan pendidikan kecakapan hidup melalui keterampilan tata boga di PKBM Cendikia Cemerlang Kecamatan Parung Panjang. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 105-111.

Akhadun, A. A., & Hidayat, A. (2020). Sistem pendukung keputusan pemilihan produk asuransi berbasis web menggunakan metode AHP (analytic hierarchy process) studi kasus BRI life Semarang. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 49-56.

Anisa, Z., & Kholisussa'di, K. (2024). Landasan Akademik Program Merdeka Belajar Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan dan Psikologi Pendidikan Islam. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 191 - 200. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.14288

Darmawan, D. (2016). Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dimyati, M., & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Haryati, R. A. (2019). Analisis pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan karyawan: Studi kasus pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta. Widya Cipta -Jurnal Sekretari dan Manajemen, 3(1), 91–98. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5185.

Hilmiy, A., & Sa'di, K. (2024). Evaluasi Program Komunitas Pemuda Lentera Terhadap Keberlangsungan Pendidikan Non Formal di Daerah Pesisir Studi Kasus (Taman Baca Pelangi Desa Kwang Rundun Lombok Timur). Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 148 - 158. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.12979

Kuruppu, Kavirathne C. S., & Karunarathna, N. (2021). The impact of training on employee performance in a selected apparel sector organization in Sri Lanka. Global Journal of Management and Business Research, 21(2), 13–20. https://doi.org/10.34257/gjmbravol21is2pg13.

Lafina Nasution, E. (2020). Uraian Singkat Tentang E-Learning. Yogyakarta: Deepublish. https://books.google.com/books/about/Uraian_Singkat_Tentang_E_Learning.html?hl=id&id=O3gWEAAAQBAJ.

Lidia Simanihuruk, dkk. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Tanpa Kota: Yayasan Kita Menulis.

Mayasari, L. (2020). Memahami E-Learning: Konsep Teknologi dan Arah Perkembangan. Yogyakarta: Andi. https://books.google.com/books/about/memahami_E-learning.html?hl=id&id=xwMOEAAAQBAJ.

Prawiradilaga, D. S., dkk. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta: Kencana.

R. Poppy Yaniawati. (2010). E-Learning: Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arfindo Raya.

Siregar. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pendidikan dan pelatihan (Diklat) dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM). Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(2), 153. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i2.812.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v11i1.14340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

           

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.