Landasan Akademik Program Merdeka Belajar Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan dan Psikologi Pendidikan Islam

Zainiya Anisa, Kholisussa'di Kholisussa'di

Abstract


Abstract: To improve the quality of Indonesian Education, Mr. Nadiem Makarim as the Minister of Education sparked the independent learning program and an independent campus. Each concept must be known in advance regarding its academic foundation so that misunderstandings do not occur. So this article discusses how the concept of independent learning and the philosophical basis of the independent learning program. the research method used to collect the information is a literature study. So it was found that the independent learning program instilled several concepts from educational psychology from the theory of constructivism, progressivism and humanism. Then it is also adrift with the psychology of Islamic education in the hadith of the Prophet Muhammad and Al Ghazali's philosophy of science.

Keywords: Free Learning, Educational Psychology, Islamic Educational Psychology.

Abstrak: Untuk meningkat kualitas Pendidikan Indonesi pak Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan Mencetuskan mengenai program merdeka belajar dan kampus merdeka. Setiap konsep harus diketahui terlebih dahulu mengenai landasan akademiknya agar tidak terjadi miskonsepsi. Sehingga artikel ini membahasan mengenai bagaimana konsep merdeka belajar dan landasan filosofis program merdeka belajar. metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan informasinya adalah studi kepustakaan. Sehingga ditemukan hasil bahwa program merdeka belajar menanamkan beberapa konsep dari psikologi Pendidikan dari teori konstruktivisme, progressivismen dan humanisme. Kemudian terpaut juga dengan psikologi pendidikan islam yang ada dalam hadis Rasulullah saw dan filsafat ilmu Al Ghazali.

Kata Kunci; Merdeka Belajar, Psikologi Pendidikan, Psikologi Pendidikan Islam.


Full Text:

PDF

References


Anwar, Saeful. 2007. Filsafat Ilmu Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia

Asiah, Nur. “Paradigma Kontemporer Sistem Pembelajaran Pendidikan Keguruan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Vol.3, No. 2 (2016).

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI, 2020.

Djamaluddin, Wardana Ahmad. Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: Kaffah Learning Center, 2019.

Faiz, Aiman, and Purwati. “Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dan General Education.” Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3, No. 3 (2021): 649–55.

Faiz, Amin. “Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Vol. 12, No. 2 (2020): 157.

G.L., Gutek. Philosofical Alternatives in Education. Chicago: Loyola University Of Chaniago, 1997.

Hardiman, F. Budiman. Humanisme Dan Sesudahnya. Jakarta: Prima Grafika, 2012.

Hidayat, Ferry. Pengantar Teori-Teori Filsafat. Bekasi, 2016.

Hudaya, Secondra, and Achmad Supriyanto. “Pendidikan Humanistik Holistik Sebagai Arah Konsep Pendidiakn Merdeka Belajar Di Indonesia.” Seminar Nasional Universitas Negeri Malang, n.d.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Khon, Abdul Majid. Hadis Tarbawi. Jakarta: Kencana

M., Muhmidayeli. Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika aditama, 2011.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Muliadi. Filsafat Umum. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, n.d.

Muslikh. “Landasan Filosofis Dan Analisis Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka.” Jurnal Syntax Transformation Vol.1, No. 3 (Mei).

Mustaghfiroh, Siti. “Konsep ‘Merdeka Belajar’ Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey.” Studi Guru Dan Pembelajaran Vol. 3, No. 1 (March 2020).

Muttaqin, A. “Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Dinamika Vol. 1, No. 1 (n.d.): 75.

Nafi’a, M Zidni Ilman, and dkk. “Konsep Merdeka Belajar Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan.” Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 2021.

Nanggala, Agil, and Suryadi. “Analisis Konsep Merdeka Dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme Dan Perenialisme.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 9, No. 1 (2021): 21–22.

Nasution, Abdul Gani Jamora. “Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme.” FTK UIN Sumatera Utara Medan, n.d.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Santrock, John W. Educational Psychology. New York: McGraw Hill Education, 2016.

Sherly, and dkk. “Merdeka Belajar: Kajian Literatur.” Konfrensi Nasional Pendidikan, n.d., 183–90.

Sili, Fransiskus. “Merdeka Belajar Dalam Perspektif Humanisme Carl. R. Roger.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Vol. 7, No. 1 (2021): 47–67.

Sukardjo, M, and Ukim Komarudin. Landasan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Sukiman. “Teori Pembelajaran Dalam Pandangan Konstruktivisme Dan Pendidikan Islam.” Jurnal Kependidikan Islam Vol.3, No. 1 (2008).

Susilawati, Nora. “Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme.” Jurnal Sikola Vol. 2, No. 3 (n.d.).

Woolfolk, Anita. Educational Psychology. USA: Pearson Education Limited, 2016.

Yamin, Muhammad, and Syahrir. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol. 6, No. 1 (2020): 126.

Yusuf, M., and Witrialail Arfiansyah. “Konsep ‘Merdeka Belajar’ Dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme.” Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman Vol. 7 No. 2 (2021).

Zuhairani. 1981. Metode Khusus Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah Fak. Tarbiyah UIN Sunan Ampel Malang




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.14288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

           

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.