MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN SAINS PADA SISWA KELOMPOK B DI PAUD DARUL MUHSININ ENJAK LABULIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Guru mempunyai dampak yang besar tidak hanya pada prestasi pendidikan anak, tetapi juga pada sikap anak terhadap sekolah dan terhadap proses belajar pada umumnya. Bermain sains adalah awal dari perkembangan kreativitas, karena dalam kegiatan yang menyenangkan itu, anak dapat mengungkapkan gagasan-gagasan secara bebas dalam hubungan dengan lingkungannya. Oleh karena itu kegiatan tersebut dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan kreativitas anak. Adapun mamfaat yang dapat diperoleh dari bermain sains adalah akan dapat mendorong anak menjadi kaya aspirasi dan kaya inisiatif, dan dapat berexsperimen sehingga anak akan memiliki kemampuan berkreasi yang bisa menumbuhkan pola berfikir logis pada anak. Dengan bekal bermain sains sejak kecil anak akan memiliki kemampuan memecahkan masalahnya sendiri. Namun kenyataan yang terjadi dilapangan permainan sains yang dilakukan saat ini cenderung diabaikan sehingga akan berpengaruh terhadap IQ anak sangat rendah disamping itu juga permainan sains bersifat eksperimen yang tidak melibatkan anak secara penuh bahkan anak cenderung sebagai penonton. Dan anak yang mengikuti permainan tersebut dalam memahaminya sebagai hal asing yang sulit untuk dipahami baik secara praktis maupun aplikatif. Adapun jenis Penelitian adalah penelitian Action Research (penelitin tindakan kelas) ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berkerativitas melalui bermain sains di TK darul muhsinin pada kelompok B dengan jumlah siswa 25 orang dan tim observasi. penelitian ini dilaksanakan menurut model Kurt Lewin konsep inti PTK nya dalam satu siklus terdiri dari empat langkah yaitu: 1.Perencanaan/planning, 2.tindakan/acting, 3.Observasi/observing, 4.Refleksi/reflecting dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statististik yang terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan menunjukkan bahwa adanya peningkatan kreativtas pada anak melalui bermain sains yaitu dengan hasil kreativitas dari asesmen awal yaitu 55,61 setelah diberikan perlakuan tindakan melalui bermain sains. Interpretasi nilai pada siklus I mencapai skor 74,12% belum mencapai target oleh karena itu peneliti dan guru mengharapkan prosentasi tersebut dinaikkan 35% sehingga kemampuan kreativitas anak mencapai standar 85% untuk mencapai hal tersebut maka dilanjutkan dengan pembelajaran kreativitas ke siklus II. Terkait dengan persentasi tersebut peneliti menganalisia secara keseluruhan skor. Kemampuan anak sudah terjadi peningkatan masing-masing skor sehingga hasil secara keseluruhan pada siklus II persentasi kemampuan berkreativitas pada anak dalam penelitian ini menunjukkan angka sebesar 93,51%. Dengan demikian penelitian tentang menigkatnya kemampuan kreativitas anak melalui bermain sains pada siswa kelompok B di paud darul muhsinin labulia berhasil.
Kata Kunci: Kreativitas, Bermain Sains
Full Text:
PDFReferences
Mulyasa, (2010)Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosda
Ali, Nugraha. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini.JILSI, foundation,
Dwi Yulianti. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Indeks.
Sudjana, Nana. (2010). Dasar-Dasar proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, S. (2008). prosedur penelitian, suatu pendekatan praktis. Jakarta: bina aksara
--------------- (2006). prosedur penelitian, suatu pendekatan praktis. Jakarta: bina aksara
Munandar, Utami. Mengembangkan Bakat & kreativitas Anak, Jakarta: Gramedia Sarana Indonesia 1994.
_________, Kreativitas Dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama 1999.
__________, Pemanduan Anak Berbakat, Jakarta: Yayasan Pengembangan Kreativitas 1982.
Depdiknas, Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003
Depdiknas, Pedoman Penilaian Di Taman Kanak- kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional 2010.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i2.1327
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.