HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK DI TK DHARMA WANITA SAKRA KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2018

Taufikurrahman Rahman, Herlina Herlina, Kholisus Sa'di

Abstract


Abstrack: Based on the observations that the researchers did that the emotional social attitudes of children in Kindergarten Darma Wanita Sakra, Sakra District, East Lombok Regency have not developed optimally, among others, children have not been able to cooperate with friends, easily give up (less persistent / independent), not yet able to understand the rules and discipline , lacking a tolerant attitude towards friends. The formulation of the problem in this study was "Is there a Parental Parenting Relationship with Children's Social Emotional Development in the Sakra Kindergarten Dharma Women in Sakra District, East Lombok Regency in 2018?". While the purpose of this study is "To find out whether there is a relationship between parenting patterns and children's social emotional development in Sakra Kindergarten Dharma Women Sakra District, East Lombok Regency in 2018". Data collection research method used in this quantitative research is questionnaire method as the main method, observation method and documentation as a support method. While the data analysis used in the study is a method of statistical analysis with product moment correlation coefficient formula. Based on the results of data analysis in this study, obtained the value of rcount of 0.535 then the value is consulted with the value of the product moment rtabel at the significance level of 5% with N = 35 obtained a value of 0.334. This fact shows that r count is greater than r table or 0.535> 0.334 then the results of data analysis in this study are stated to be significant. This means that (H0) is rejected while (Ha) is accepted. The conclusion obtained in this study is "There is a Relationship between Parenting Parents and Child Social Emotional Development in Kindergarten Dharma Wanita Sakra, Sakra District, East Lombok Regency, 2018". Significant.

 Keywords: Parenting Parenting, Children's Social Emotional Development.

 

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan bahwa sikap sosial emosional anak di TK Darma Wanita Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur belum berkembang secara optimal antara lain anak belum dapat bersikap kooperatif dengan teman, mudah menyerah (kurang gigih/ mandiri), belum dapat memahami peraturan dan disiplin, kurang memiliki sikap toleran terhadap teman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Dharma Wanita Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk Mengetahui Apakah ada Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Dharma Wanita Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018”. Metode penelitian pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah metode angket sebagai metode pokok, metode observasi dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan analisis data yang  digunakan dalam penelitian adalah metode analisis statistik dengan rumus koefisien korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, diperoleh nilai  rhitung sebesar 0,535 selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabelproduct moment pada taraf signifikasi 5% dengan N=35 diperoleh nilai sebesar 0,334. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,535>0,334 maka hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan signifikan. Hal ini berarti (H0) ditolak sedangkan (Ha) diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Dharma Wanita Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018”.Signifikan.

 Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Sosial Emosional Anak.


Full Text:

PDF

References


Asmuni. J.M. (2012). Kiat Pengembangan Anak di Sekolah. DIVA Press/Jogjakarta.

Baumrind, D. (1991). Current patterns of parental authority, Development Psychology Monograph.

Depdiknas. (2010). Undang-Undang No.2 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Media Abadi.

Dessy. D. (2014). SMART Parenting. Yogyakarta: Sigma

Fatimah. (2012). Perkembangan Sosial, Emosional Dan Strategi Pengembangannya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Nonformal dan Informal (BPPNF) Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional VII. Mataram

Hurlock. E.B. (2010). Perkembangan Anak, Jilid 2, Edisi 6. Erlangga / Jakarta.

Hurlock. E.B. (1978). Psikologi Perkembangan. Erlangga / Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2003). Jakarta: Gita Media Press.

Nugraha. Ali dan Yeni Rachmawati. (2008). Metode Pengembanagn Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nuryanti, Lisa. (2008). Psikologi Anak. Jakarta: PT. Indeks

Riadi, Edi. (2016). Statistika Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Santrock, J.W. (2012).Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika : Jakarta.

Sujianto. (2007). Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk Pemula. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung. Alfabeta.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter Usia Dini (Membangun Karakter Di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf. S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Rosdakarya / Bandung.

Yusuf, Syamsu. (2014). Perkembangan Peserta Didik. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i2.1325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.