PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BERTANYA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMPN 1 SAKRA TIMUR

Hadi Gunawan Sakti

Abstract


Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu melibatkan komponen-komponen belajar di dalamnya. Penggunaan media di dalam suatu proses belajar dapat berpengaruh pada timbulnya aktivitas-aktivitas siswa dalam belajar sehingga dapat berpengaruh pada tingginya hasil belajar yang dicapai siswa. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media gambar terhadap aktivitas bertanya dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VIII SMPN 1 Sakra Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sakra Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-B dengan jumlah siswa 37 orang. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Sakra Timur pada semester ganjil Tahun Pelajaran 20172018, pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi. Sedangkan data mengenai prestasi belajar siswa dapat diperoleh dari hasil test tertulis yang berbentuk pilihan ganda yang diberikan sebanyak 2 kali. Analisis aktifitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatifnya berupa lembar observasi, sedangkan data kuantitatifnya berupa hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I persentase aktivitas bertanya siswa yaitu 69% dan pada siklus II persentase aktivitas bertanya siswa mencapai 76%,  sedangkan untuk prestasi belajar pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 82% dan pada siklus II persentase ketuntsan belajar siswa mencapai 96%. Kesimpulan yang didapat adalah penerapan media gambar dapat meningkatkan aktivitas bertanya dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Sakra Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: Media Gambar, aktivitas bertanya, Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi V: Rineka Cipta.

Purwanto, M. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ridwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Thesis, Bandung: Alfabeta.

Riyanto. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC

Wahyana dan Winataputra. (2001). Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran IPA. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Winataputra. (1993). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikti.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i2.1323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.