Implementasi Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak (Studi Deskriptif di PAUD Kasih Ibu)

Maesaroh Hamida, Rila Hardiansyah

Abstract


Abstract: This research aims to describe the application of the principle of play while learning in developing children's fine motor skills through the constructive Lego play method and to describe the level of fine motor skills in PAUD children with mothers' love through the constructive Lego play method. This research uses descriptive quantitative methods. The sample was determined using a saturated sampling technique with a population of 21 people and 21 research subjects. The data collection techniques used were observation tests, interviews and documentation. The analytical method used is descriptive quantitative. So the conclusion from the percentage results for the BB (Not Yet Developed) category is 3.5%, MB (Starting to Develop) at 6.5%, BSH (Developing According to Expectations) at 36% and BSB (Developing Very Well) at 54% and the conclusion that What can be taken from the application of the principle of playing while learning in developing children's fine motor skills is that through playing children can gain various abilities such as communication skills, language skills, social skills, emotional management skills and the ability to think logically.

Keywords: Application of the principle of playing while learning, skills children's fine motor skill

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip bermain sambil belajar dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak melalui metode bermain lego konstruktif dan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan motorik halus pada anak PAUD kasih ibu melalui metode bermain lego konstruktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penentuan sampelnya menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah populasi 21 orang dan subyek penelitian 21 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Jadi kesimpulan dari hasil persentase kategori BB (Belum Berkembang) yaitu 3,5%, MB (Mulai Berkembang) sebesar 6,5%, BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sebesar 36% dan BSB (Berkembang Sangat Baik) sebesar 54% dan kesimpulan yang dapat diambil dari penerapan prinsip bermain sambil belajar dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak adalah melalui bermain anak dapat memperoleh berbagai kemampuan seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan berbahasa, kemampuan bersosialisasi, kemampuan memanajemen emosi dan kemampuan berpikir secara logis.

Kata Kunci: Penerapan prinsip bermain sambil belajar, keterampilan motorik halus anak


Full Text:

PDF

References


Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.

Hadi (2012). Influential observations, high leverage points, and outliers in linear regression.

Hartati, S. (2015). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Depdiknas Dirjen Dikti. Jakarta.

Hartini, S. (2013). Pengertian Anak Usia Dini. Bandung: PT. Dian Rakyat.

Hartono, Y. S. (2019, June). Character Building For Early Childhood: A Case Study for the Teaching of Performing and Fine Arts. In ISET 2019: Proceedings of the 5th International Conference on Science, Education and Technology, ISET 2019, 29th June 2019, Semarang, Central Java, Indonesia (p. 244). European Alliance for Innovation.

Harun Rasyid, Mansyur & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Hasanah (2016). Teknik observasi anak usia dini. Jurnal pendidikan anak.

Jayadi, J., & Sa'di, K. (2023). Pengaruh Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Lingkungan Kondusif Yang di Selenggarakan di Taliwang Sumbawa Barat Tahun 2020/2021. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(1), 1 - 8. doi: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i1.7199

Masitoh, H. (2016). Pendekatan belajar aktif di taman kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurdiani, Y. (2013).Pembelajaran Bermain Sambil Belajar. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah.

Poerwandari, E. (2012). Metode penelitian dan Pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Jakarta: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Priyanto, A. (2014). pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif.

Sugiono. (2014) Metode Penelitian kuantitatif. Bandung: PT Alfabeta

Sugiono. (2017) Metode Sampel. Jakarta: Sinar Baru Bandung

Tabiin, A. (2017). Perkembangan Anak Melalui Metode Bermain Sambil Belajar. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.12990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.