Evaluasi Program Komunitas Pemuda Lentera Terhadap Keberlangsungan Pendidikan Non Formal di Daerah Pesisir Studi Kasus (Taman Baca Pelangi Desa Kwang Rundun Lombok Timur)
Abstract
Abstract: The problem raised in this research is the level of success of the Lantera Youth Community program on the sustainability of non-formal education in coastal areas (case study of Taman Baca Pelangi , Kwang Rundun Village, East Lombok). This research aims to determine the level of success of the Pemuda Lantera community program on the sustainability of non-formal education in coastal areas (case study of TBM Pelangi, Kwang Rundun Village, East Lombok). This research uses an evaluative method with the CIPP (Context, Input, Process, Product) evaluation model. The sample was determined using a proportional sample with a total of 20 subjects. The data collection techniques used are questionnaires, observation and documentation. The analytical method used is percentage analysis with a non-parametric statistical approach with the formula ideal mean (Mi), ideal standard deviation (SDi) and percentage. The results of the percentage analysis using a non-parametric statistical approach show that the context component is in the high category, namely 90%, the input component is in the high category, namely 68.80%, the process component is in the high category, namely 77.5% and finally the product component is in the high category. also high, namely 75.71%, while the overall results are in the high category, namely 79,99%, which means it has been running effectively. So it can be concluded that the evaluation of the Lantera Youth Community program on the sustainability of non-formal education in coastal areas (Case Study of TBM Pelangi, Kwang Rundun Village, East Lombok) has been running effectively in accordance with the objectives achieved.
Key Words: Program Evaluation, Youth Community, Non formal Education
Abstrak: Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat keberhasilan program komunitas pemuda lentera terhadap keberlangsungan pendidikan nonformal di daerah pesisir (studi kasus Taman Baca Pelangi Desa Kwang Rundun Lombok Timur). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan program komunitas penuda lentera terhadap keberlangsungan pendidikan nonformal di daerah pesisir (studi kasus TBM Pelangi Desa Kwang Rundun Lombok Timur). Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penentuan sampelnya menggunakan porposive sampel dengan jumlah subjek 20 orang. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis persentase dengan pendekatan statistik non parametrik dengan rumus mean ideal (Mi), standar deviasi ideal (SDi) dan persentase. Hasil dari analisis persentase dengan pendekatan statistik non parametrik ini menunjukkan bahwa komponen context masuk katagori tinggi yakni 90%, komponen input masuk katagori tinggi yakni 68,80%, komponen process masuk katagori tinggi yakni 77,5% dan yang terakhir komponen product masuk dalam katagori tinggi pula yakni 75,71% sedangkan hasil dari keseluruhan yakni berada dalam katagori tinggi yakni 79,99% yang berarti sudah berjalan secara efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa, evaluasi program komunitas pemuda lentera terhadap keberlangsungan pendidikan non formal di daerah pesisir (Studi Kasus TBM Pelangi Desa Kwang Rundun Lombok Timur) sudah berjalan secara efektif sesuai dengan tujuan yang dicapai
Kata Kunci: Evaluasi Program, Komunitas Pemuda, Pendidikan Nonformal
Full Text:
PDFReferences
Cipta, Azwar, Saiffudin, 2012 .Metode Penelitian.Yogyakarta.Pustaka Belajar
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi VI, 2023. Jakarta. Balai Pustaka
Gall Ana Brog, 2007. Educational Evaluation Is The Prosess Of Making Judgments About The Merit, Value, Or Worth Of Educanional Programs.Vol (9). 5595. 2007
Marzuki, 2012 (137). Pendidikan Nonformal Dimensi Dalam Keaksaraan Fingsional, Pelatihan, Dan Andragogi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Mukhlis, 2007 (1). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung. Remaja Rosdakarya. 2007
Suprijanto, 2009 (7). Pendidikan Oleh Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta. Bumi Aksara
Sudjana, Djuju. 2004 (46). Manajmen Program Pendidikan (Untuk Pendidikan Nonformal Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Bandung. Flash production
Sudjana, 2001 (107). Teknik Pembelajaran Partisifatif. Bandung. Flash Production
Sudjono, 2015 (43). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Sukmadinata, N. S. 2015 (120). Metode Peneleitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Wirawan, 2011 (7). Evaluasi Teori, Model, Metodologi, Standar Aplikasi, Dan Profesi. Jakarta Rajawali Press. 2011
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.12979
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.