Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstract: This research discusses the effectiveness of the Problem Based Learning model in improving students’ critical thinking skills in elementary schools. The method used is literature study, this method is used to collect and analyze the results of the latest research on the use of Problem Based Learning in elementary schools. A thorough analysis of findings from various sources shows that Problem Based Learning can help students develop critical thinking skills through an approach that emphasizes problem solving and cooperation between students. The implication of this research provide useful insights for educators and future educational development.
Keywords : Problem Based Learning, critical thinking, elementary school
Abstrak: Penelitian ini membahas mengenai efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar. Adapun metode yang digunakan adalah studi literatur, metode tersebut digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis hasil peelitian terbaru tentang penggunaan Problem Based Learning di sekolah dasar. Analisis menyeluruh terhadap temuan dari berbagai sumber menunjukkan bahwa Probelm Based Learning dapat membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan yang menekannkan pada pemecahan masalah dan kerja sama antar peserta didik. Adapun implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan yang berguna bagi pendidik dan pengembangan pendidikan di masa depan.
Kata kunci : Probelm Based Learning, berpikir kritis, sekolah dasar
Full Text:
PDFReferences
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.
Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149-1160.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary, 7(1), 40-47.
Hartinah, H., Huda, N., & Suratno, S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Terhadap Berpikir Kritis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas VIII SMP N 3 Merangin (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Isti Nadiya, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf. lib. uinsgd. ac. id, (1), 1- 9.
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan instrumen keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13-19.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114.
Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap Motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55-65.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019, October). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.
Misla dan Mawardi. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4 (1), 62-62. ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index.
Putri, M., & Sa'di, K. (2023). Efektivitas Program Keaksaraan Lanjutan Melalui Pendekatan Kearifan Lokal di PKBM Karoko Mas Desa Nanga Wera Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2), 102 - 110. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.6913
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantu question card terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44-51.
Saputra, H. (2020). Kemampuan berfikir kritis matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1-7.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16.
Sutika, I.M. (2022). The Effectiveness of Problem-Based Learning Model in Improving Higher Order Thinking Skills and Character of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 55 (3), 691. https://doi.org/10.23887/jpp.v55i3.57636.
Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2848-2856.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.12141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.