Evaluasi Bebas Tujuan Dalam Program Pelatihan Menjahit di LPK Anita Kota Serang
Abstract
Abstract: A goal-free evaluation at LPK Anita Serang City focuses on unexpected results in sewing training program. This evaluation model does not look at what the main goal is achieved in this sewing training, but focused on evaluating the impact of the program training, both expected and unexpected but occur. Through qualitative approach and in-depth interviews with instructors and LPK owners This Anita. The evaluation results show the success of the participants after participating in the training sewing, satisfaction level of trainees and recommendations for improvement the quality of future training programs. This program provides additional benefits such as increasing participants' knowledge, skills, sewing aesthetics and creativity. Conclusion this supports the effectiveness of goal-free evaluation in identifying more benefits extent of the training program
Key Words: Goal-free evaluation, LPK Anita Serang City
Abstrak: Evaluasi bebas tujuan di LPK Anita Kota Serang berfokus pada hasil yang tidak terduga pada program pelatihan menjahit. Model evaluasi ini tidak melihat apa tujuan utama yang ingin dicapai dalam pelatihan menjahit ini, tetapi fokus mengevaluasi pengaruh dari program pelatihan baik yang diharapkan maupun yang tidak diharapkan namun terjadi. Melalui pendekatan kualitatif dan wawancara mendalam dengan instruktur sekaligus pemilik LPK Anita ini. Hasil evaluasi menunjukkan keberhasilan peserta setelah mengikuti pelatihan menjahit, tingkat kepuasan peserta pelatihan dan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan kualitas program pelatihan di masa depan. Program ini memberikan manfaat tambahan seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, estetika menjahit dan kreativitas peserta. Kesimpulan ini mendukung efektivitas evaluasi bebas tujuan dalam mengidentifikasi manfaat yang lebih luas dari program pelatihan.
Kata Kunci: Evaluasi bebas tujuan, LPK Anita Kota Serang
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. R. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. Medan : Perdana Publishing.
Astuti, T., Suharyani, S., & Herlina, H. (2019). Efektivitas Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Pelatihan Bedah Resep di Club Baca Perempuan Desa Sokong Kabupaten Lombok Utara Tahun 2018. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 4(2).
Dr. Rusydi Ananda, M. D. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan : Perdana Publishing.
Efendi, I. W. (2020). Evaluasi bebas tujuan: Implementasi dalam pelatihan kepewaraan mahasiswa. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 75-83.
Fijra, R. M. (2021). Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Hadi, A. d. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hidayat, A. N. (2023). Peran Manajemen Kurikulum dalam Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik di Lembaga Pelatihan Kerja Irma. Journal on Education, 5 (2), 3485- 3491.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Mutrofin. (2010). Evaluasi Program. Yogyakarta: Laksbang Presindo.
Nazir. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sa'di, K. (2018). Strategi Penberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 3(1).
Sukardi. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.10598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.