Evaluasi Sumatif Pada Program Pelatihan Tata Boga di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Serang

Taufiq Hidayatullah, Deviyana Hilda, Ananadia Pracilia, Yuni Azwita

Abstract


Abstract: The aim of this research is to find out whether the culinary program training participants at SKB Serang City have achieved the desired learning outcomes or not and also to find out what changes they have experienced after participating in this culinary training program. The method used in this research is a qualitative method, where the author explains the results of implementing the summative evaluation of the culinary program at the Serang City Learning Activity Studio for students. With data collection techniques, namely observation, interviews, documentation studies and literature studies through trusted journals. The interviews for this research were conducted with Mrs. Fera as the Entrepreneurship Learning Officer at SKB Serang City. Based on the results of research and data analysis, it can be said that SKB City of Serang has succeeded in achieving the program objectives that were previously set and the training participants have also achieved good learning outcomes, because 8/10 of the training participants who took part in culinary training at the Serang City Learning Activity Studio capable of entrepreneurship and have understood certain cooking techniques, etc. according to what was taught during the training.

Key Words: Summative Evalution, Culinary Program, SKB

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peserta pelatihan program tata boga di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Serang telah mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan atau belum dan juga untuk mengetahui apa saja perubahan yang mereka dapatkan setelah mengikuti program pelatihan tata boga ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, dimana penulis memaparkan bagaimana hasil implementasi dari evaluasi sumatif pada program tata boga di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Serang pada peserta didik. Dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur melalui jurnal-jurnal terpercaya. Untuk wawancara dalam penelitian ini, dilakukan dengan Bu Fera selaku Pamong Belajar kewirausahaan pada tanggal 11 Oktober 2023 yang berlokasi di Jalan Raya Petir KM. 4 Cipocok Jaya. Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, 42121. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa Sanggar Kegiatan Belajar Kota Serang telah berhasil mencapai tujuan program yang telah ditetapkan sebelumnya dan peserta pelatihan juga telah mencapai hasil pembelajaran dengan baik, karena 8 dari 10 persen, peserta pelatihan yang mengikuti pelatihan tata boga di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Serang telah memahami teknik memasak tertentu, pemilihan bahan makanan, kebersihan dapur, dan berkreasi dalam menyajikan masakan secara mandiri, sesuai dengan yang diajarkan selama pelatihan.

Kata Kunci: Evaluasi Sumatif, Program Tata Boga, SKB



Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono, 2007. “Pengantar Evaluasi Pendidikan” PT Raja Grafndo Persada: Jakarta. Anis, I., Usman, J., & Arfah, S. R. (2021). Efektivitas Program Pelayanan Kolaborasi Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(3), 1104-1116.

Hilda, D. H., Nuryalsa, S., & Sudrajat, I. (2023, August). Evaluasi Program Pelatihan Tata Busana SKB Kota Serang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal (Vol 1).

Hunaeni, N. (2016). Efektivitas Kursus Tata Boga Dalam Meningkatkan Kemandirian Berwirausaha warga Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Mayasari. (2021). laporan dan evaluasi penelitian. journal of education, 01(02), 30-31.

Mesiono, M. (2017). Dalam tinjauan evaluasi program. Educators: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 4(2), 2-21.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung Jawa Barat: PT Remaja Rosdakarya.

Mulianto, S. (2006). PL Supervisi Perspektif Syariah. Elex Media Komputindo.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.

Muryadi, A. D. (2017, januari). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Imliah Penjas, 3, 2-10.

Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

Sapinah, dkk. (2021). Peran Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang Sebagai Satuan Pendidikan Non Formal. Jurnal Parameter; UNJ. Vol.33 No.2, 95-115.

Sutrisno, E. (2007). Budaya Organisasi, Jakarta. Fajar Interpratama Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.10510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.