Survey Pemahaman Calon Orang Tua Terkait Perawatan Anak Usia Dini di Kota Palangka Raya
Abstract
Abstract: The importance of the readiness of prospective parents before entering marriage and marriage is therefore urgent, especially in terms of understanding caring for children from an early age. This research involved 76 prospective parents in Palangka Raya City, Central Kalimantan. This research aims to see prospective parents' understanding of caring for early childhood. This research uses an observational method by giving questionnaires to prospective parents. Data collection using questionnaires. The results of the research show that the majority of prospective parents have a fairly good and quite important understanding of how to care for their children. This research was conducted with the aim of providing an overview of prospective parents' understanding of how to care for children starting from birth (toddlers) which can increase prospective parents' understanding of caring for children later before entering marriage and becoming parents.
Key Words: Early Childhood, Prospective Parents, Care.
Abstrak: Pentingnya kesiapan calon orang tua sebelum memasuki masa pernikahan dan berumah tangga, oleh karena itu menjadi urgent terutama dalam hal pemahaman perawatan anak sejak usia dini. Penelitian ini melibatkan 76 calon orang tua yang berada di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemahaman calon orang tua terhadap pemahaman perawatan anak usia dini.Penelitian ini menggunakan metode observational dengan memberikan kuesioner kepada caon orang tua. Pengumpulan data dengan menggunakan pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar calon orang tua memiliki pemahaman cukup baik dan cukup penting terhadap pemahaman cara mewarat anak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran mengenai pemahaman calon orang tua terhadap cara perawatan anak yang dimulai sejak lahir (balita) yang dapat meningkatkan pemahaman calon orang tua terhadap perawatan anak nantinya sebelum memasuki jenjang pernikahan dan menjadi orang tua.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Calon Orang tua, Perawatan.
Full Text:
PDFReferences
Abadi, N. Y. W. P., & Suparno. (2019). Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 161–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.161
Afifah, N., Saudah, Aghnaita, Muzakki, Ervina, & Ma’rifah, N. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Metode Tilawati Kepada Orang Tua Murid. Abdi Paud: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66–74.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan DasaR, 8(1), 50–58.
Aswan, Y., & Harahap, M. A. (2021). Pendidikan Kesehatan Tentang Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi di Posyandu Desa Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Universitas Aufa Royhan di Kota Padangsidimpuan Jurnal Peng. Jurnal Pengabdain Masyarakat Aufa, 2(2).
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Darnis, S. (2018). Parenting Anak Usia Dini. Psikosain. http://info.trilogi.ac.id/repository/assets/uploads/PGSD/8e5dd-aproval-parenting-anak-usia-dini.pdf
Hamdani, & Nasrullah, H. Y. M. (2019). Nilai-nilai Pedagogis dalam Hadits Nabi tentang Adzan di Telinga Bayi. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 185–194.
Hamdiani, Y., A., D. H. S., & Basar, G. G. K. (2016). Layanan Anak Usia Dini/Prasekolah Dengan “Full Day Care” Di Taman Penitipan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 285–291. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13694
Hardiyanti, D. (2020). Apakah Kualitas Penitipan Anak itu Penting ? Sebuah Gambaran Perkembangan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 1(1), 1–7. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1187
Harmaini, Shofiah, V., & Yulianti, A. (2014). Peran Ayah dalam Mendidik Anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 80–85. https://doi.org/10.36421/veritas.v1i1.23
Kurnia, R. (2014). Pendidikan Gizi untuk Anak Usia Dini. Educhild: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 4(2), 109–114.
Maryam, S. (2017). Gambaran tingkat pendidikan dan pola asuh ibu pada anak usia dini di Gampong Pante Gajah Kecamatan Matang Glumpang Dua Kabupaten Bireuen. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(2), 67–76.
Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 95–105. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628
Muzakki, Aghnaita, Afifah, N., Nurhalisa, E., Aida, N., & Aisy, N. R. (2022). Permainan Outbond Kids Kahanjak Atei Sebagai Sarana Melatih Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Palangka Raya. 2(2), 16–22.
Na’im, Z. (2021). Managemen Pendidikan Islam. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Ngewa, H. M. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. Ya Bunayya, 1(1), 96–115.
Niga, D. M., & Purnomo, W. (2016). Hubungan Antara Praktik Pemberian Makan, Perawatan Kesehatan, Dan Kebersihan Anak Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Usia 1-2 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Oebobo Kota Kupang. Wijaya, 3(2), 151–155.
Nirmalasari, R., Aldianor, A., Asfari, E. P., Anand, R., Septiani, R., & Nurhalisa, S. (2021). Penguatan Pola Asuh Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Dalam Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Petak Bahandang. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 270–278. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4816
Nurfatimah, N., Labusa, P., Noya, F., Longgupa, L. W., Entoh, C., Siregar, N. Y., Ramadhan, K., & Usman, H. (2022). Sosial Ekonomi dan Pengetahuan Ibu Terhadap Pemberian Asi Eksklusif. Jurnal Sehat Mandiri, 17(1), 99–114. https://doi.org/10.33761/jsm.v17i1.585
Sa’diyah, R., Nurfadhilah, & Shofiyah, S. (2021). Pemahaman Orang Tua Dan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tentang Tumbuh Kembang Optimal. Prosiding Seminar Nasional Pgri Provinsi Sumatera Selatan Dan Universitas PGRI Palembang, November, 57–61. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/8260%0Ahttps://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/viewFile/8260/5798
Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2021). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923–930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638
Sundari, D. T. (2022). Makanan Pendamping Asi (Mp-Asi). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 600–603. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4449
Ulfadhilah, K., Nurhayati, E., & Ulfah, M. (2021). Implementasi Layanan Kesehatan, Gizi, dan Perawatan dalam Menanamkan Disiplin Hidup Sehat. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 115–134. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10288
Windarta, L. R. P. (2021). Pendidikan Kesehatan,Gizi dan Perilaku Hidup bersih dan Sehat Bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. GENIUS : Indonesian Journal of Early Chilhood Education, 2(1), 1018–1029.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.10327
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.