HUBUNGAN PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) TERHADAP MINAT MEMBACA WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM CERIA
Abstract
Keyword: TBM Program, Reading Interersts, Fuctional Literacy
ABSTRAK: Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Hubungan Program Taman Bacaan Masyarakat Terhadap Minat Membaca Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Ceria Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Program Taman Bacaan Masyarakat Terhadap Minat Membaca Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Ceria Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama, dan dokumentasi sebagai metode pelengkap, selanjutnya analisis statistik yang digunakan dengan menerapkan rumus Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisa data diketahui nilai signifikansi 0,933> 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada Hubungan yang positif program taman bacaan masyarakat (X) terhadap minat membaca (Y). Maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah “Ada Hubungan Positif Hubungan Program Taman Bacaan Masyarakat Terhadap Minat Membaca Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Ceria Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017.
Kata Kunci: Program TBM, Minat Membaca, Keaksaraan Fungsional
Full Text:
PDFReferences
. (2014). Metode Penelitian & Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
. (2015). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeta.
Buku Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah IKIP Mataram Tahun 2011
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian & Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratna. (2008). Belajar Mudah SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Global Media Informasi.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.