HUBUNGAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS BAGLON FAMILY COURSE DI DESA RENSINGKECAMATAN SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMURNTB TAHUN 2017

Risma Hidayati Risma Hidayati, Herlina Herlina Herlina, Maskun Maskun Maskun

Abstract


ABSTRAK: Masalah dalam penelitian ini adalah apakah adahubungan Pengelolaan Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Baglon Family Course di Desa Rensing Kecamatan. Sakra Barat Kabupaten Lombok TimurNTB Tahun 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara hubungan pengelolaan pembelajaran dengan Prestasi Belajar Peserta didik di LembagaKursus Bahasa InggrisBaglon Family Course di Desa Rensing Kecamatan. Sakra Barat Kabupaten Lombok TimurNTB Tahun 2017“. Metode pengupulan data dalam penelitian ini menggunakan Angket sebagai Metode utama, metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, penelitian ini tidak menggunakan teknik sampel karena populasinya relative sedikit, maka penelitian ini menggunakan studi populasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistic yakni rumus Korelasi Product Moment. Hasil analisis menunjukkan nilai sebesar 0,953 sedangkan nilair product moment dalam table signifikasi5% dan N=7 adalah 0,754. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa nilai rhitung lebih besar dari nilai r dalam table product moment (0,953>0,754). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Pengelolaan Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Peserta Didik di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Baglon Family Course di DesaRensing Kecamatan. Sakra Barat Kabupaten Lombok TimurNTB Tahun 2017.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Prestasi Belajar Peserta Didik.


References


Mujib. A. (2006). Pengelolaan Peserta Didik. Bandumg: Alfabeta.

Hamalik. O. (2001). Pendekatan Baru Stratengi Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Hamiseno dan Arikunto. (2003). Pengelolaan Pembelajaran. PT Rineka Cipta: Jakarta.

http://amingoa.Blogspot. com/2011/12/12/ kursus-dan pelatihan. Diakses pada tanggal 17/05/2017pukul 12.25 Wita.

http://amdayhary.blongspot.com/2011/12/12/pengelolaan-pembelajaran-pengertian-dan html. Diaksespadatanggal 23 April 2017 pukul 21. 30

Moekijat. (2001). Penyelengaran Program. Jakarta: Gita Media Press

Nana Sudjana, (2005). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Prihatin. Eka. (2014). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Sobri, and Jihad. A. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sihombing. (2001). Keberhasilan Program Diklospora. Jakarta: Diktentis Diklosepora.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sondang P. Siagian. (2009). Perencanan Pengelolaan. PT Refika Aditama: Bandung.

Sumadi Suryabrata. (2009). Prestasi Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Trinotegoro. (2006). Prestasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Prima Pena. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Media Press.

Tery. (2003). Prinsip – Prinsip Manajemen. Jakarta: BumiAksara.

Tim Penyusun Skripsi. (2011). Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. IKIP Mataram

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidik.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.