Evaluasi Program Kesetaraan Paket C di PKBM Al-Kahfi Menggunakan Model Evaluasi Bebas Tujuan
Abstract
Abstract: The package C equivalency programme is a secondary education programme in non-formal channels that is equivalent to SMA/SMK/MA. This programme is organised by non-formal education units, namely PKBM (Community Learning Activity Centres). PKBM is a place where people can pursue education to fulfil their needs. One of the PKBM institutions that provides a package C equivalency programme is PKBM Al-Kahfi which is located at Bumi Agung Permai 1 block S5 no 17, RT.06 / RW.18, Unyur, Kec. Serang, Serang City, Banten. In order to determine the extent of the impact of the implementation of a programme, an evaluation was conducted. In this regard, the evaluator team evaluated the package C equivalency programme at PKBM Al-Kahfi using a goal free evaluation model. Data on the programme implementation process in this study were collected through interviews, observations, and documentation. The data validity test was carried out by data reduction, data presentation, and data verification. The results of the evaluation focused on the process of planning, implementation, and evaluation of the programme relating to the positive impact, negative impact, and positive side impact of the package C equivalency programme at PKBM Al-Kahfi. Programme planning and implementation are carried out systematically and in accordance with national education standards. The positive impact is felt by the learning community, parents, and the surrounding community. The negative impact is caused by the indiscipline of the learning community in the learning process and delays in paying tuition fees. While the positive side impact is related to the opening of learning opportunities for learning citizens from outside the city. Despite the obstacles faced, the results of the evaluation show that the package C equivalency programme at PKBM Al-Kahfi shows real changes and the results are quite significant.
Key Words: Goal free evaluation; PKBM; Package C equivalency programme.
Abstrak: Program kesetaraan paket C adalah program pendidikan menengah dalam jalur non formal yang setara dengan SMA/SMK/MA. Program ini diselenggarakan oleh satuan pendidikan non formal yaitu PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). PKBM merupakan tempat di mana masyarakat dapat menempuh pendidikan untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu Lembaga PKBM yang menyediakan program kesetaraan paket C adalah PKBM Al-Kahfi yang terletak di Bumi Agung Permai 1 blok S5 no 17, RT.06/RW.18, Unyur, Kec. Serang, Kota Serang, Banten. Dalam rangka mengetahui sejauh mana dampak dari pelaksaaan suatu program, maka dilakukanlah evaluasi. Berkaitan dengan hal ini, tim evaluator melakukan evaluasi pada program kesetaraan paket C di PKBM Al-Kahfi dengan menggunakan model evaluasi bebas tujuan atau goal free evaluation. Data tentang proses pelaksanaan program dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari evaluasi berfokus pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program yang berkaitan dengan dampak positif, dampak negatif, dan dampak sampingan positif dari program kesetaraan paket C di PKBM Al-Kahfi. Perencanaan dan pelaksanaan program dilakukan dengan sistematis dan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Dampak positif dirasakan oleh warga belajar, orang tua, dan masyarakat sekitar. Adapun dampak negatif yang disebabkan oleh ketidakdisiplinan warga belajar dalam proses pembelajaran dan keterlambatan dalam membayar biaya pendidikan. Sedangkan dampak sampingan positif berkaitan dengan terbukanya kesempatan belajar bagi warga belajar dari luar kota. Terlepas dari kendala yang dihadapi, hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa program kesetaraan paket C di PKBM Al-Kahfi menunjukkan perubahan yang nyata dan hasilnya cukup signifikan.
Kata Kunci: Evaluasi bebas tujuan; PKBM; Program kesetaraan pake C
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak, I., & Suprayogi. (2011). Penelitian Dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: Grafindo Persada.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta : Rineka Cipta.
Halima, R. A., & Triono, A. M. (2022). Goal Free Evaluation. ISEEDU, 6, 140-141.
Masri, A. E., & dkk. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al-Kahfi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8, 216.
Putri, M., & Sa'di, K. (2023). Efektivitas Program Keaksaraan Lanjutan Melalui Pendekatan Kearifan Lokal di PKBM Karoko Mas Desa Nanga Wera Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2), 102 - 110.
Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003.
Wardani, H. K., Fajarsih, D., & Mami, H. (2022). Model-Model Evaluasi Pendidikan Dasar (Scriven Model, Tyler Model, Dan Goal Free Evaluation). Jurnal Pendidikan, 6, 46.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.10067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.