Permainan Tradisional Lombok dalam Karya Seni Patung

Lalu Ahmad Purqan, Pyo Apriliana Munawarah, Sri Sukarni

Abstract


Tujuan karya tugas akhir ini adalah untuk: 1) memvisualisasikan beberapa jenis bentuk permainan tradisional Lombok dalam wujud karya seni patung; 2) ide seni memvisualisasikan sosok figur manusia sebagai subjek matter yang menggambarkan permainan tradisional Lombok. Metode dalam mewujudkan ide-ide melalui tahap: 1) persiapan atau tahap pengamatan permasalahan-permasalahan; 2) elaborasi atau tahap pengembangan permasalahan yang terjadi; 3) sintesis atau tahap penetapan gagasan; 4) realisasi konsep atau penciptaan karya; 5) pameran atau pemajangan karya. Karya seni patung mengingatkan kembali tentang permainan tradisional Lombok yang mulai dilupakan dikalangan masyarakat khususnya anak-anak di Lombok. Enam judul karya yang telah dibuat yaitu: 1) Main Papuq Singgak Batek; 2) Main Ban-banan; 3) Main Dengklek; 4) Selodor; 5) Begansingan; 6) Peresean.


Full Text:

PDF

References


Bastomi, Suwaji. 1981. Seni Ukir. Semarang:P3T IKIP Semarang.

Ikawati, Hastuti Diah, dkk. 2018. Ragam Permainan Suku di Pulau Lombok. Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Ja’far, Al Juk, dkk . 2011. “Penciptaan Buku Ilustrasi Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lokal,” Jurnal Art Nouveau, Vol.3(1): 1-9.

Kartadhinata, D.M. 2009. “Seni Patung” Hand Out. Jurusan Seni Rupa FBS UNNES tidak dipublikasikan.

Rondhi, M. 2002. “Tinjauan Seni Rupa”. Paparan Perkuliahan Mahasiswa. Jurusan Seni Rupa FBS UNNES tidak dipub-likasikan.

Sahman, H. 1993. Mengenal Dunia Seni Rupa : Tentang Seni, Karya Seni,Aktifitas Kreatif, Apresiasi, Kritik dan Estetika. Semarang : IKIP Press.

Soedarso, Sp. 1992. Seni Patung Indonesia. Yogyakarta: ISI.

Syafii, dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran Kertangkes SD. Jakarta: Universit Terbuka.

htps://diedit.com/arti-warna-kuning. (diakses penulis pada tanggal 22 November 2021, pukul 11.22 WITA).

https://globalfmlombok.com/read/2020/08/30/permainan-tradisional-harus-tetap-dilestarikan-jangan-kalah-dengan-gadget.html. (diakses penulis pada tanggal 22 November 2021, pukul 06.32 WITA).

https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Lombok. (diakses penulis pada tanggal 22 November 2021, pukul 08.42 WITA).

https://m.kumparan.com/perbedaan-patung-deformatif-imitatif-dan-non-figuratif. (diakses penulis pada tanggal 22 November 2021, pukul 13.24 WITA).

https://stempelwarna.com/filosofi-warna. (diakses penulis pada tanggal 22 November 2021, pukul 11.34 WITA).

https://www.antaranews.com/berita/630441/kebanyakan-anak-indonesia-lupa-permainan-tradisional. (diakses penulis pada tanggal 22 November 2021, pukul 08.17 WITA).

http://www.diedit.com/arti-warna-kuning-menurut-psikologi-warna. (diakses penulis pada tanggal 22 November 2021, pukul 11.47 WITA)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal SERUPAKU
Diterbitkan oleh Program Studi D3 Seni Rupa, FBMB UNDIKMA
Jl. Pemuda No.59 A Mataram | www.e-journal.undikma.ac.id/index.php/serupaku

Phone: +6285 738 390 568 | E-mail: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Education and Information Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License