ANALISIS BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM LINGKUP PENDIDIKAN
Abstract
Bimbingan dan konseling adalah kegiatan interpersonal antara konselor dan konseli yang bertujuan untuk membimbing, membantu, atau mengarahkan konseli dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dan menjalani kehidupan dengan baik secara umumnya. Bimbingan dan konseling dalam pendidikan merupakan upaya serius untuk mengembangkan karakter, kemampuan, minat, dan bakat yang dimiliki peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menguraikan esensi bimbingan dan konseling dalam lingkup pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan bersifat analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling memiliki esensi yang penting dalam pendidikan. Bimbingan konseling dan pendidikan memiliki visi dan misi yang sama yaitu membantu peserta didik dalam menjalani kehidupan di lembaga pendidikan dengan baik dan optimal. Pentingnya bimbingan dan konseling dalam pendidikan untuk meyakinkan peserta didik mendapat dukungan yang tepat untuk mencapai potensi maksimalnya, mengatasi permasalahan yang muncul, mempersiapkan masa depan, serta mencapai kesejahteraan. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan antara bimbingan konseling dan pendidikan memiliki keseimbangan dan keterikatan satu sama lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahiroh, S., & Suud, F. M. (2020). Model Bimbingan Konseling Berbasis Religiusitas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1). https://doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1170
Djuhartono, T., & Endaryono, B. T. (2021). Bimbingan Konseling Berpengaruh terhadap Akhlak Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2).
Hapsari, K. P., & Hidayat, P. (2019). Bimbingan Konseling Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 1(1).
Jamilah, S. (2020). Bimbingan Konseling dan Implenetasinya dalam Pendidikan Islam. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(1). http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/kreatif/article/view/361
Khaidir, C., & Suhaili, N. (2023). Pengaruh Bimbingan Konseling dalam Upaya Mengatasi Rendahnya Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. Journal on Education, 6(1). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3226
Kudus, H. H. A. (2022). Implementasi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 32(1), 1–11. https://doi.org/10.52030/attadbir.v32i1.122
Miraz, S. S. (2018). Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas X di SMAN 2 Garut. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 6(3). https://doi.org/10.15575/irsyad.v6i3.901
Putri, N. (2023). Implementasi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Islam. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(5). https://doi.org/10.52030/attadbir.v32i1.122
Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Guidance, 19(02), 106–120. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).
Rusmiyati, Astutik, C., Yuliana, A. T., & Chandra, P. A. (2021). Pengaruh Bimbingan dan Konseling Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.36379/shine.v2i1.186
Septiani, M. N. (2019). Pengaruh Bimbingan dan Konseling Individu Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(2). https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i2.877
Syarqawi, A. (2018). Bimbingan Konseling sebagai Upaya dan Bagian Pendidikan. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(1).
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4). https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1028
Yanuarti, D. R. (2018). Pendekatan Lintas Budaya dalam Konseling Individu untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Pribadi Konseli. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 4(1).
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.9955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.