PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER DALAM MEMBANTU PEMILIHAN KARIER SISWA

Shobrina Shobrina

Abstract


Penerapan layanan bimbingan karier untuk mendukung karier siswa merupakan suatu proses penting dalam lingkungan pendidikan. Namun, faktanya masih banyak pelajar yang masih ragu dengan pilihan kariernya. Penyelenggaraan layanan bimbingan karier sangat penting untuk membantu siswa memilih karier yang sesuai dengan potensi, minat dan tujuannya. Nasihat dari guru berperan penting dalam proses pengambilan keputusan ketika siswa memilih jalur karier. Dengan bimbingan yang tepat, siswa dapat lebih memahami pilihan karier yang tersedia bagi mereka dan membuat keputusan yang tepat mengenai masa depan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya layanan bimbingan dan konseling dalam pengambilan keputusan karier siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan literature review berdasarkan jurnal dan artikel yang ada. Dari hasil analisis berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan karier sangatlah penting dalam rangka mendukung siswa dalam memilih karier yang sesuai dengan minat bakat mereka.

Kata Kunci: Layanan, bimbingan karier

 


Keywords


Kata Kunci: Layanan, bimbingan karier

Full Text:

PDF

References


Abubakar, S. R. (2011). Pelaksanaan Bimbingan Karir Bagi Siswa Sma Sebagai Persiapan Awal Memasuki Dunia Kerja. Selami, 1(34), 221358.

Agungbudiprabowo, A. N. (2018). Efektivitas Program Bimbingan Karir Berbasis Teori Super Untuk Mengembangkan Identitas Vokasional Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 14-24.

Amronah. (2014). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Pribadi. Psikopedagogia. 3(2):108-155.

Anisah. (2015). Model Layanan Informasi Karir Dengan Teknik Field Trip Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMK Di Kabupaten Demak. Jurnal Konseling GUSJIGANG. 1 (1).

Anwar, M. K. (2017). Buku Kerja Eksplorasi Karir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bimo Walgito. 2010. Bimbingan Dan Konseling (Studi & Karir). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Defrianto, Neti P. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir Dalam Meningkatkan Minat Siswa Dalam Melanjutkan Studi. Konseli. 3(2): 271-285.

Fabio, A., Palazzeschi, L., Levin, N., Levin, N., & Gati, I. (2015). The Role of Personality in the Career Decision-Making Difficulties of Italian Young Adults. Journal of Career Assessment, 23(2), 281–293.

Febriya, R. W. (2014). Survei Tentang Persepsi Dan Kesiapan Konselor Terhadap Bimbingan Dan Konseling Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sma Surabaya Selatan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling Unesa, 4(3).

Ferrari, L., Ginevra, M. C., Santilli, S., Nota, L., Sgaramella, T. M., & Soresi, S. (2015). Career exploration and occupational knowledge in Italian children. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 15(2), 113–130.

Gani, R. A. (2012). Bimbingan Karir. Bandung: Angkasa.

Hartinah, S. 2009.Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hediyati, D. (2019). Analisis Eksplorasi Dan Perencanaan Karir Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri Se-Kecamatan Ciamis. Jurusan Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Semarang.

Hermawan, R., & Farozin, M. (2018). The role of career exploration in career decision participants. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 3(4), 126–132.

Khairun, D. Y. (2016). Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(1)., 20.

Nahdi Ahmad, R. R. (2019). Layanan Bimbingan Karir Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Memilih Karir Di Ma Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen: Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Doctoral Dissertation, Uin Walisongo).

Priyatno, T. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling

Purwanta, E. (2012). Faktor Yang Memengaruhi Eksplorasi Karier Siswa Sltp. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).

Permadi, N. E. (2016). Masalah-masalah yang dihadapi peserta didik dalam perencanaan karir dan implikasinya terhadap pelayanan bimbingan karir. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Priambodo, A. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Kartu Karir Terhadap Sikap Pilihan Karir. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application.

Rahman, A. F. (2018). Strategi Individual Planning Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling “Peluang Dan Tantangan Konseling Karir Di Era Disrupsi”.

Rojewski, J. W., Lee, I. H., & Hill, R. B. (2014). Participation patterns of Korean adolescents in school-based career exploration activities. Asia Pacific Education Review, 15(3), 473–482.

Saraswati S. and Z.N Amin. (2016). Career Planning Attitude of Javanese and Chinese Student. The Proceeding of 1st Semarang State University International Conference on Counseling and Educational Psychology.

Seniawati, Komang (2014). Efektivitas teori karir holland melalui layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman diri terhadap kesiapan kerja siswa. Singaraja Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesha.

Setiawaty, T. (2018). Bimbingan Karir Melalui Kegiatan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Inaan: Penelitian Telaah Bimbingan Agama Di Lembaga Permasyrakatan Wanita Kelas Ii A Bandung. (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Gunung Djati Bandung).

Suherman, U. (2010). Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

Widyastuti, R. J. (2013). Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir siswa. Jurnal BK Unesa.

Winkel dan Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Tanoli, M.F. (2016). Understanding Career Planing: A Literature Review. MPRA. No. 74730.

Tohirin. (2007). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tohirin. (2008). Bimbingan dan Konseling di sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.9877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics