PENAGRUH PENGGUNAAN MATEMATIKA REALISTIC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHTUNG SISWA SD KELAS TINGGI DI SD HADI SAKTI

Lalu Jaswandi, Baiq Sarlita Kartiani

Abstract


Kemampuan berhitung merupakan bagian dari matematika yang dapat menumbuh kembangkan kemampuan kognitif anak. Masih banyak siswa yang memiliki kemampuan berhitung sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai factor antara lain, model dan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat dan kurang media matematika di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh pembelajaran matematika realistics terhadap kemampuan berhitung siswa kelas tinggi di SD Hadi Sakti.

Penelitian ini merupakan penenlitian eksperimen menggunakan post-test only control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah matematika realistic dan kemampuan berhitung. Sampel dalam penelitian adalah seluruh kelas V SD Hadi Sakti yang terdiri dari kelas VA dan VB. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik ramdom sampling. Penngujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Persyaratan pengujian hipotesis adalah data terlebih dahulu dilakukan pengujian populasi dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.

Hasil analisis data penelitian diperoleh ttabel sebesar 2,020. Karena thitung (3,140) > ttabel (2,020) maka H0 ditolak. Artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Matematika Realistics terhadap  kemampuan berhitung siswa


Keywords


Realistic, Kemampuan Berhitung

Full Text:

PDF

References


Alwi, dkk. (2021). Perkembangan dan Kemampuan Berhitung Siswa SD di Dusun Margasari dengan Media Sempoa. Proceedings UIN Sunan Gunung djati Bandung Vol: I No. 2

Aisyah, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Fatmawati, N. 2014. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini Vol 8 No. 2.

Herawaty, D. 2018. Model Pembelajaran Matematika Realistik Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 3 No 2.

Holisin, I. 2007. Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Didaktis, Vol. 5, No. 3.

Jaswandi, L, dkk. 2022. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear dua Variabel di MTs Hidayatussibyan NW Sankerang. Jurnal Realita Vol 7 No 2.

Santrock. 2007. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Setiani, N. L., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematik Realistik Terhadap Semangat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Pada SDLB.B.N. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, Vol. 5 No. 1.

Somantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud

Tarigan dan Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi. Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.9230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics